Variasi Gerakan Yoga Untuk Ibu Hamil

 

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan gerakan dan aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan. Ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk beristirahat. Namun dalam hal ini bukan berarti ibu hamil dilarang untuk berolahraga. Menjaga kebugaran selama hamil sangatlah penting, salah satu caranya yaitu dengan melakukan latihan yoga untuk ibu hamil.

Yoga ibu hamil sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan seperti pegal-pegal, pusing dan otot kaku. Selain itu, olahraga ini sangat berguna untuk menjaga kebugaran dan memperlancar sirkulasi darah. Pada dasarnya yoga merupakan jenis olahraga yang mengutamakan latihan pernapasan untuk membuat suasana hati dan pikiran ibu hamil supaya lebih rileks.

Yoga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan melihat intruksi di video. Disamping itu, Anda juga bisa mengikuti latihan ini di kelas yoga khusus untuk ibu hamil dengan bimbingan dari instruktur yang lebih berpengalaman.

Bagi Anda yang ingin melakukan sendiri olahraga ini di rumah, berikut ini penulis akan memberikan penjelasan mengenai gerakan yoga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Simak ulasan berikut!

Gerakan Yoga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Pertama-tama ambil posisi yang nyaman, baik itu sambil duduk ataupun berbaring. Usahakan supaya perasaan Anda tenang/rileks. Mulailah untuk memejamkan mata, relaksasikan otot-otot pinggang, punggung serta kaki dan bernafaslah melalui hidung secara perlahan. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga Anda merasa lebih rileks dan nyaman.

Latihan tersebut merupakan langkah awal untuk membuat pikiran lebih rileks dan tenang. Nah, setelah itu berikut ini gerakan yoga yang aman untuk ibu hamil dan bisa dipraktekan sendiri.

  1. Gerakan Ke-1

Gerakan yoga untuk ibu hamil yang pertama yaitu dengan posisi duduk bersila, lalu letakan tangan di bagian sisi badan dengan posisi siku lurus. Angkat kedua tangan dari bagian samping kearah kepala diikuti dengan menarik nafas dan gerakan tangan turun hingga ke bagian depan. Lakukan secara berulang untuk melatih otot tangan, membuat perasaan rileks dan melenturkan sedi pundak.

  1. Gerakan ke-2

Gerakan selanjutnya yaitu merangkak dengan posisi kedua siku tangan lurus, usahakan pandangan mata lurus ke depan dengan posisi punggung rata. Mulailah untuk menarik nafas secara perlahan, kemudian lengkungkan bagian punggung Anda. Hembuskan nafas sambil mengembalikan punggung pada posisi sebelumnya. Lakukan secara berulang dan teratur untuk menghilangkan pegal-pegal, menguatkan otot rahim dan meminimalisir ketegangan.

  1. Gerakan ke-3

Dalam posisi berbaring, posisi kaki menempel pada dinding serta kedua tangan berada di samping badan dan bagian telapak tangan membuka. Mulailah untuk menarik nafas diikuti dengan mengangkat panggul dari lantai. Secara perlahan hembuskan nafas sambil menurunkan kembali posisi dari kedua kaki. Jika dilakukan secara teratur manfaatnya yaitu untuk mengatasi pegal dan kelelahan serta membuat pikiran Anda rileks.

Itulah gerakan yoga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Latihan secara teratur sabgat bermanfaat untuk menjaga kebugaran selama hamil dan membantu mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517