Umur Berapa Bayi Bisa Melihat?

Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para ibu, diantaranya yaitu menanyakan umur berapa bayi bisa melihat? Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata bayi yang baru lahir belum bisa melihat dengan sempurna layaknya orang dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka fungsi penglihatan si kecil juga akan semakin sempurna.

Ketika si kecil baru lahir, biasanya si kecil hanya akan bisa mendeteksi cahaya serta beberapa gerakan saja. Dan di usia 3 bulan pertama, umumnya si kecil akan mulai bisa mengikuti setiap gerakan Anda atau bahkan benda yang lewat di hadapannya. Ketika itu, si kecil juga akan belajar untuk mengenal warna, oleh karena itu, Anda bisa mulai mengenalkan macam-macam warna pada si kecil.

Ketika usia si kecil menginjak usia 4-5 bulan, maka bayi mulai belajar untuk mengenal kedalaman atau bahkan volume suatu benda yang mereka lihat. Proses ini juga mencakup pertumbuhan proses belajar otak si kecil akan beberapa benda yang ia lihat.

Jika seperti itu, usia berapa bayi bisa melihat? Nah, bayi mulai bisa melihat sempurna ketika usianya menginjak 6-8 bulan. Walaupun si kecil biasanya hanya akan memfokuskan perhatiannya terhadap sejumlah benda yang berada di dekatnya, namun ia juga mulai mampu mendeteksi adanya orang atau bahkan benda yang bergerak dalam jangkauan yang jauh darinya.

Nah, pertumbuhan dari fungsi penglihatan si kecil tidak akan berhenti sampai usia 8 bulan saja. Namun secara gradual, penglihatan si kecil akan terus membaik dan sempurna hingga usia si kecil menginjak 6 tahun. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua sangat di anjurkan untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang si kecil melalui serangkaian aktivitas, baik bentuk benda atau bahkan warna, yang memang di haerapkan mampu membantu proses belajar si kecil.

Nah, terkait kapan usia bayi bisa melihat, dan dapat berkomunikasi dengan orangtuanya, maka para ahli menganjurkan agar orangtua bisa mengajak si kecil berbicara ketika ia baru lahir, dan jangan pernah berhenti. Dan Anda harus membiasakan diri untuk mengomentari apa saja yang di lakukan si kecil dengan Anda. Anda bisa mengatakan apa saja yang Anda lihat yang memang ada di sekitar Anda, atau bahkan Anda bisa memngatakan kepada si kecil tentang apa yang tengah Anda lakukan.

Menurut William Sears, MD, dan Martha Sears, RN, bahwa hasil penelitian yang telah mereka lakukan membuktikan bahwa bayi memang mampu mendengar ketika mereka di ajak bicara oleh ibu mereka. Bahkan dalam buku yang mereka rilis yang berjudul The Baby Book, Everything You Need to Know about Your Baby from Birth to Age Two, keduanya menuliskan bahwa cara ibu berbicara atau berkomunikasi kepada bayinya memang bisa lebih menentukan dalam berkomunikasi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517