Tumbuh Kembang Janin Pada Usia Kehamilan 22 Minggu

Kehamilan 22 minggu tentunya sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Bobot bayi didalam kandungan bisa mencapai 450 gram dengan panjang 28 cm. Bobot tubuh si kecil tumbuh secara drastis, namun panjangnya hanya bertambah sekitar 3 cm dari minggu sebelumnya.

Pada usia kehamilan 22 minggu, otak janin sudah berkembang, tumbuh dan berfungsi dengan sangat baik. Kini aktivitasnya didalam rahim menjadi lebih berirama. Sudah ada jam tidur dan bergerak aktif sehingga bisa diamati pada minggu ke-22.

Sel-sel perasa pada lidah bayi sudah berkembang serta memiliki fungsi yang baik. Janin bisa merasakan manis, asam  dan asin dari makanan. Bahkan kemampuan janin untuk mendengar perlahan membaik. Kini wajahnya akan bereaksi ketika terdengar suara-suara dari luar kandungan. Bahkan akan menunjukan ekspresi kaget saat mendengar suara yang terlalu keras.

Meskipun indera pendengaran dan perasa sudah berfungsi dengan baik, namun indera penglihatan belum berfungsi. Retina mata janin sudah peka terhadap rangsangan cahaya,namun kelopak mata tidak akan terbuka hingga bulan ke tujuh.

Si kecil didalam rahim akan mulai mempelajari suara-suara yang terdengar dan membedakan suara ibunya. Dalam hal ini Anda sebagai ibunya bisa mengajak si kecil berinteraksi dengan cara berbicara dengan sambil mengelus-ngelus perut, bernyanyi, membaca, memperdengarkan musik klasik ataupun lantunan ayat suci Al-qur’an.

Pada usia 22 minggu kehamilan juga si kecil semakin peka terhadap sentuhan. Hal ini karena perkembangan otak janin semakin pesat. Bahkan dia melayang-layang di air ketuban akan perlahan dirasakannya.

Untuk menjaga kesehatan dan janin didalam kandungan maka perbanyaklah konsumsi air putig atau jus buah segar. Hal ini sebagai upaya untuk pemenuhan nutrisi bagi tumbuh kembang janin. Minuman yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari karena bisa memberikan dampak negatif bagi perkembangan janin didalam kandungan.

Minuman dengan pemanis buatan bisa memicu timbulnya penyakit seperti diabetes sehingga hal ini akan membahayakan janin. Jika Anda menginginkan minuman manis maka sebaiknya konsymsi jus buah  segar setiap harinya.

Selain untuk menjaga cairan tubuh, jus buah juga berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda selama hamil seperti resiko sembelit. Pada dasarnya buah-buahan mengandung serat yang cukup tinggi untuk membantu memperlancar saluran cerna.

Manfaat lain dari jus buah pada kehamilan 22 minggu yaitu memperbaiki kualitas tidur sehingga terhindar dari resiko insomnia. Oleh karena itu jangan menganggap remeh khasiat dan manfaat jus buah pada saat hamil.

Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil memang menjadi fokus utama untuk menunjang tumbuh kembang janin. Nutrisi-nutrisi penting berperan dalam membantu pembentukan organ-organ tubuh  si kecil didalam rahim.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 22 minggu ditandai dengan pertumbuhan rambut yang semakin jelas terlihat. Selain itu, lanugo juga sangat berperan dalam melindungi seluruh bagian kulit sehingga si kecil terhindar dari abrasi air ketuban.

Organ dalam seperti pankreas, kini mulai tumbuh dengan sempurna  dan stabil. Beberapa waktu lagi pankreas akan berfungsi untuk memproduksi hormone. Selain itu, kini si kecil sudah memiliki kelopak mata, alis dan bibir yang terlihat lebih jelas.

Bahkan pada minggu ini tunas gigi mulai muncul dan berkembang lebih sempurna pada bagian gusi. Dari semua panca indera, yang pertama berkembang selama didalam kandungan adalah indera peraba. Bayi akan menyentuh dan meraba keadaandi sekelilingnya. Gerakan seperti menggeliat, menendang dan bergulung-gulung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517