Tumbuh Kembang Janin di Kehamilan 19 Minggu

Kehamilan 19 minggu sudah mencapai setengah jalan menuju kelahiran si kecil.  Anda dan keluarga tentunya akan merasa penasaran dengan perkembangan bayi di dalam kandungan. Pada usia kehamilan ini panjang janin sudah mencapai kurang lebih 20 cm. Pertumbuhan tersebut dipicu oleh rangka tubuh yang juga ikut tumbuh.

Pada 19 minggu kehamilan ini organ reproduksi janin sudah mulai bisa diamati dengan baik. Untuk janin perempuan, organ reproduksi sudah berad di tempat yang seharusnya dan terbentuk dengan jelas. Tuba falopi, uterus dan vulva mulai terlihat. Bahkan sel telur pada janin sudah tumbuh sebanyak 6 juta sel telur dan akan berkurang 1 per satu setelah janin dilahirkan.

Sedangkan untuk janin laki-laki maka alat kelamin mulai terbentuk dan sudah bisa diamati pada usia kehamilan 19 minggu. Mengingat semakin berkembangnya janin didalam kandungan pada minggu ini maka Anda jangan merasa heran jika merasakan pergerakan janin yang semakin aktif.

Jaringan kulit janin mengalami pertumbuhan pada minggu 19 dan rambut halus juga sudah mulai tumbuh disekitar permukaan kulit. Lanugo atau kulit halus berfungsi untuk melindungi kulit janin dari air ketuban selama didalam rahim. Kulit manusia memang tidak bisa bertahan lama didalam air maka dari itu dilindungi oleh lanugo tersebut.

Disamping itu, rambut pembentuk kontur wajah seperti alis dan bulu mata juga kini mulai tumbuh. Walaupun kelopak mata mata bayi belum terbuka. Pada usia 19 minggu janin sudah mulai bisa melakukan gerakan-gerakan yang terbilang spontan.

Perhatikan Aupan Nutrisi Untuk Janin

Nah, dalam menunjang perkembangan janin di usia kehamilan 19 minggu maka penting sekali untuk memperhatikan asupan nutrisi bagi janin. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak esensial atau EFA.

EFA merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh. Minyak esensial atau EFA berperan penting dalam membantu perkembangan otak janin. Ada dua jenis EFA yaitu omega-3 dan omega-6.

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam membantu perkembangan otak serta retina mata janin. Nah, jenis nutrisi tersebut bisa diperoleh dari daging, telur dan juga sayuran. Untuk omega-6 bisa diperoleh dari ikan salmon, tuna, kacang kedelai dan juga ikan sarden.

Selain minyak esensial, kolin juga merupakan salah satu nutrisi penting untuk menunjang kehamilan. Manfaat kolin yaitu sebagai komposisi utama dalam membrane sel dan proses rangsangan informasi serta komunikasi antar sel.

Kolin juga memegang peranan penting untuk membantu fungsi normal otak dalam pembentukan neurotransmitter asetilkolin. Pada dasarnya kolin memegang peranan enting dalam pembentukan saraf dan otak.

Kolin merupakan zat gizi esensial yang berguna sebagai vitamin B kompleks. Peran penting kolin yaitu dalam pembentukan membrane sel untuk menyampaikan sinyal atau pesan otak dan saraf. Maka dari itu, asupan makanan yang mengandung kolin hendaknya diperhatikan selama menjalani masa kehamilan.

Sumber makanan yang mengandung kolin diantaranya yaitu pisang dan telur. Setidaknya upayakan setiap harinya Anda untuk mengkonsumsi makanan tersebut supaya tumbuh kembang janin didalam kandungan tidak mengalami gangguan.

Demikian beberapa hal tentang usia kehamilan 19 minggu yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya kunci janin sehat hingga lahir adalah pola hidup sehat yang Anda terapkan sehari-hari. Hal ini karena janin didalam kandungan masih bergantung pada apa yang ibunya lakukan.

Related Posts

Share This