Trimester Kedua Kehamilan: Periode Yang Menyenangkan

Trimester Kedua Merupakan Periode Yang Lebih Menyenangkan Bagi Ibu Hamil? Kenapa?

Memasuki trimester kedua kehamilan, ibu hamil akan lebih terbiasa dan sudah bisa menyesuaikan dengan perubahan yang ada pada dirinya. Gejala-gejala kehamilan yang muncul pada awal kehamilan dan dianggap menyiksa bagi ibu hamil juga mulai mereda pada periode ini, sehingga ibu hamil lebih merasa nyaman dan mulai menikmati masa kehamilannya. Ibu hamil akan merasa bahagia pada periode ini. Banyak yang mengatakan kalau trimester kedua lebih menyenangkan bagi ibu hamil dan paling dinantikan oleh ibu hamil.

trimester kedua merupakan periode yang menyenangkan

Apa saja yang membuat ibu hamil merasa nyaman ketika memasuki kehamilan pada trimester kedua ini?

 Rasa Mual yang Mereda

Inilah hal yang sangat menyenangkan bagi ibu hamil saat memasuki trimester kedua. Jika pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami rasa mual yang membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas ibu hamil, maka pada trimester kedua ini rasa mual tersebut akan mereda dan mulai hilang sehingga ibu hamil akan merasa nyaman dan menikmati masa-masa kehamilannya tanpa merasakan lagi mual setiap harinya. Meredanya atau hilangnya rasa mual akan membuat ibu hamil kembali bisa menikmati makanan dan minuman yang mendukung untuk kesehatan dan perkembangan janin tanpa meraakan mual lagi.

 Merasakan Pergerakan si Bayi

Saat memasuki trimester kedua ada hal yang lebih menyenangkan bagi seorang wanita ketika merasakan adanya pergerakan dan tendangan-tendangan kecil dari si bayi sehingga menciptakan sensasi yang berbeda bagi ibu hamil. Hal ini juga bisa sebagai cirri atau penanda kalau janin yang sedang di kandung dalam keadaan sehat dan mengalami perkembangan dengan baik.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Buah Cempedak Bagi Kehamilan

 Kehidupan Suami Istri jadi Lebih Harmonis

Sebagian orang menyebut kalau periode kehamilan pada trimester kedua ini merupakan bulan madu kedua bagi pasangan suami istri. Hal ini disebabkan karena anda dan pasangan akan merasakan gairah seks menjadi lebih meningkat. Di sisi lain keadaan ini akan membuat ibu hamil merasa jadi lebih seksi dan cantik sehingga gairahnya akan meningkat pada periode ini. Keadaan ini bisa dimanfaatkan untuk menambah keharmonisan dalam rumah tangga.

Tips Menjaga Kehamilan pada Trimester Kedua

Pada trimester kedua ini ibu hamil memang merasa sangat nyaman dan bahagia dengan kehamilan mereka, akan tetapi ibu hamil tidak boleh terlena dengan kebahagiaan dan kenyamanan ini, sehingga melakukan aktivitas yang bisa membahayakan bagi janin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ketika memasuki masa kehamilan trimester kedua.

  • Perbanyaklah istirahat karena pada periode ini organ seperti jantung, ginjal, hati dan paru-paru bekerja lebih keras dari biasanya.
  • Jangan melakukan kegiatan yang berat, cukup melakukan kegiatan atau aktivitas yang ringan saja yang tidak menguras banyak tenaga.
  • Jangan membungkuk ketika mengambil suatu barang, lakukanlah dengan cara jongkok.
  • Pada saat tidur ataupun duduk, usahakan posisi kaki lebih tinggi daripada posisi kepala.
  • Rawat dan mulai lakukan pemijatan pada payudara supaya nantinya produksi ASI menjadi banyak.
  • Ibu hamil jangan menggunakan sepatu atau sandal dengan hak tinggi, sebaiknya menggunakan sepatu atau sandal yang datar.
  • Porsi makan harus diperhatikan, sebaiknya makan dengan porsi kecil tapi sering.
  • Konsumsi makanan yang mengandung gizi supaya kesehatan ibu hamil dan janin terjaga.
  • Jangan stres dan selalu berpikiran yang positif supaya perkembangan janin/bayi tidak terganggu.
Baca Juga:  Daftar Makanan Wajib Pada Kehamilan 14 Minggu

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517