Trik Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme yang berjalan lancar tentunya akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak akan ada penumpukan lemak yang bisa menyebabkan kegemukan pada tubuh. Jika metabolisme berlangsung lambat dan mengalami gangguan maka hal ini menyebabkan penimbunan kalori dan lemak yang berujung pada kenaikan berat badan tak terkontrol.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan proses metabolisme menjadi lambat, baik itu dari segi jenis makanan yang dikonsumsi, pola makan sehari-hari dan juga kebiasaan jarang bergerak atau olahraga. Meningkatkan metabolisme tubuh memang penting guna menunjang kesehatan tubuh dan menghindari risiko penimbunan lemak didalam tubuh. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh?

Berikut Ini Tips Untuk Meningkatkan Proses Metabolisme Tubuh

  1. Jangan Hanya Duduk Diam

Anda jangan hanya duduk diam saja jika ingin meningkatkan proses metabolisme tubuh. Meskipun sedang bekerja, Anda bisa melakukan gerakan yang bisa membakar lemak seperti berdiri, bergerak atau sekedar mengunyah permen karet. Aktivitas non olahraga ini bisa membantu memberikan dampak positif untuk membakar kalori sekitar 300 hingga 2000 per hari.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 2 liter per hari. Dengan minum air putih maka akan membantu proses pembakaran kalori lebih cepat dan lebih baik. Dengan kata lain, minum air putih akan mempercepat proses metabolisme tubuh dengan sangat baik.

  1. Minum Teh Hijau

Menurut hasil studi menunjukan bahwa kebiasaan mengkonsumsi teh hijau bisa membantu meningkatkan proses metabolisme sekitar 5%. Untuk hasil yang lebih baik maka sebaiknya jangan menambahkan pemanis.

  1. Konsumsi Vitamin C

Pilihlah sumber makanan yang tinggi vitamin C seperti jeruk lemon. Vitamin C bisa memberikan pengaruh terhadap proses metabolisme yang lebih baik. Asupan vitamin C yang cukup bisa membantu membakar kalori sebanyak 25%.

  1. Tertawa dan Bercanda

Hasil studi menunjukan bahwa dengan tertawa dan bercanda bisa membantu proses pembakaran kalori didalam tubuh. 15 Menit bercanda yang disertai tawa akan membakar kalori sebanyak 40 kalori. Tapi jangan tertawa enggak jelas dan sendirian ya sahabat sehat…

  1. Olahraga

Bergerak atau melakukan aktivitas olahraga memang sangat menyehatkan tubuh. Dengan berolahraga maka akan membantu proses pembakaran kalori didalam tubuh. Terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dan teratur. Jenis olahraga tidak perlu berat, Anda bisa melakukan lari pagi, push up, sit up atau angkat beban.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi tentunya menjadi keharusan jika ingin hidup sehat dan terbebas dari gangguan penyakit. Sebenarnya menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang sulit. Hanya seringkali kurangnya kesadaran yang menjadikan semua ini terasa sulit.

Nah, demikian beberapa trik untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Mulai dari sekarang, lakukan langkah sehat untuk hidup yang lebih baik. Proses metabolisme tubuh  yang berlangsung baik tentunya akan menghindarikan Anda dari risiko gangguan kesehatan seperti obesitas, serangan jantung, stroke, penyempitan pembuluh darah dan risiko lainnya.

Awal mula timbulnya penyakit kardiovaskuler dan penyakit berbahaya lainnya yaitu berasal dari proses metabolisme yang tidak lancar. Bahkan jika metabolisme tubuh tidak lancar maka banyak nutrisi yang tidak akan terserap oleh tubuh. Jangan sepelekan kondisi tersebut jika tidak ingin berakibat fatal. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This