Trik Jitu Untuk Menciptakan Hubungan Baik Antara Kakak dan Adik

Fenomena yang sering terjadi di kehidupan nyata dalam sebuah keluarga yaitu tidak semua anak merasa senang ketika memiliki adik. Banyak faktor yang mendasari hal tersebut, salah satunya rasa cemburu dan takut tidak mendapat perhatian. Kondisi seperti ini bisa menjadi tekanan mental bagi anak sehingga sebelum Anda memutuskan untuk mempunyai anak kedua sebaiknya memberikan perhatian dan menyiapkan mental anak pertama.

Pentingnya jarak kehamilan antara anak pertama dan kedua adalah untuk menyiapkan mental anak dalam menerima anggota keluarga baru yaitu adiknya. Selain itu, supaya anak pertama mendapatkan kasih sayang yang penuh dari Anda sebelum hadirnya anak kedua sehingga nantinya tidak akan timbul kecemburuan sosial. Ketika Anda mempunyai adik untuk anak pertama sebaiknya berlaku adil dalam memberikan perhatian dan kasih sayang sehingga tidak akan timbul perselisihan.

Simak Beberapa Trik Jitu Berikut Ini

  • Memberikan pengarahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memberikan pengarahan bagi anak pertama sebelum anak kedua lahir. Berikan pengertian untuk si kakak supaya menyayangi adiknya kelak setelah lahir. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan mental si kecil dengan cara melatihnya dan memberikan contoh yang baik. Dengan begitu anak akan mengerti dengan maksud dan alasan menyayangi adiknya.

  • Memberi hadiah

Setelah Anda melahirkan biasanya keluarga dan kerabat dekat akan datang berkunjung untuk memberikan selamat. Biasanya disamping mereka berkunjung akan membawa hadiah untuk si bayi. Fenomena seperti ini tentunya akan membuat anak pertama merasa cemburu dan tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda memberikan hadiah untuk si kakak melalui perantara orang lain. Dengan begitu akan meminimalisir rasa cemburu sehingga ai kakak akan merasa diperhatikan juga.

  • Jangan menyalahkan si kakak

Perselisihan dan pertengkaran antara kakak adik kerap terjadi dalam sebuah keluarga. Penyebabnya adalah hal yang sepele seperti berebut mainan. Dalam kondisi seperti ini Anda sebagai orangtua harus menjadi penengah dan tidak menyalahkan salah satunya. Jangan pernah menyalahkan si kakak atau bahkan menyebutnya dengan sebutan yang tidak pantas. Hal ini akan membuat si kakak merasa tertekan. Sebaiknya Anda memberikan pengertian bahwa seorang kakak harus menyayangi adiknya. Dengan begitu anak Anda akan lebih mengerti dan tidak merasa dipandang sebelah mata.

  • Waktu khusus

Ketika Anda melahirkan anak kedua, biasanya hampir semua waktu lebih terfokus untuk mengurus bayi. Kondisi seperti ini tentunya membuat waktu untuk si kakak akan berkurang. Untuk menghindari kecemburuan sebaiknya Anda meluangkan waktu khusus untuk anak pertama. Dengan begitu si kakak tidak akan merasa terabaikan dan tersingkirkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengajaknya jalan-jalan atau menemaninya bermain. Hal ini tentunya akan menjaga hubungan baik Anda dengan anak.

  • Jangan membebani

Pada kebanyakan kasus biasanya orangtua memberikan beban yang berlebihan untuk anak pertama, baik untuk menjaga si adik ataupun melakukan hal lain. Untuk menghindari kecemburuan sosial sebaiknya Anda jangan pernah membebani si kakak dengan suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan umurnya. Hal ini akan berdampak negatif terhadap perkembanngan psikologis anak sehingga menciptakan hubungan yang kurang baik.

Persiapan mental dan memberi pengertian adalah hal paling penting dalam menciptakan hubungan baik antara kakak dan adik. Selain itu, Anda juga harus berlaku adil dalam memperlakukan keduanya. Jangan membandingkan dan jangan pernah memihak salah satunya karena bisa menimbulkan hubungan yang kurang harmonis.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517