Top 12 Makanan Sehat Untuk Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia. Kulit sehat, mulus dan terlihat cantik tentunya menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya cukup besar untuk melakukan perawatan kulit. Namun, tahukah Anda jika perawatan kulit sebenarnya tidaklah harus mahal. Ada solusi lain yang menawarkan perawatan dengan mudah dan praktis. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit.

Nutrisi untuk kulit sehat bisa diperoleh dengan memperhatikan asupan makanan bergizi setiap harinya. Jenis makanan tersebut sangat beragam, baik itu berasal dari kelompok buah-buahan maupun sayuran. Hal ini tentunya sangat praktis dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Apa Saja Jenis Makanan Untuk Kesehatan Kulit? Berikut Ini Penjelasannya!

  1. Wortel

Jenis sayuran yang satu ini terkenal untuk menjaga kesehatan mata. Namun kandungan betakaroten yang tinggi pada wortel ternyata berguna untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel secara rutin akan sangat berguna dalam memberikan nutrisi bagi kulit.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin E cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Disamping itu, vitamin E juga berperan penting dalam memperkuat jaringan kolagen sehingga hal ini bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker kulit.

  1. Stroberi

Kandungan vitamin C dan asam elagik sangat tinggi pada buah stroberi. Manfaatnya yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA yang bisa memicu timbulnya kerutan pada kulit.

  1. Paprika merah

Vitamin C dan betakaroten pada paprika merah bermanfaat dalam membantu pembentukan kolagen secara alami sehingga menjadikan kulit Anda kencang.

  1. Tomat

Likopen merupakan zat yang terkandung pada buah tomat. Jika dikonsumsi secara rutin maka sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit dan mempercantik kulit Anda.

  1. Anggur

Buah anggur mengandung Anthocyanins yang berguna bagi kulit dalam membantu pembentukan kolagen dan memperkuat pembuluh darah. Fungsinya yaitu untuk mencegah racun yang bisa merusak kulit dan memperlancar penyebaran oksigen.

  1. Delima

Antioksidan pada buah delima sangat tinggi yang berguna untuk membantu proses pembentukan kolagen sehingga bermanfaat dalam memelihara kesehatan kulit.

  1. Teh hijau

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teh hijau tinggi akan kandungan antioksidan. Tentunya senyawa tersebut berguna untuk mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

  1. Salmon

Omega-3 dan astaxanthin pada ikan salmon berfungsi untuk memperlambat terjadinya penuaan pada kulit dan mencegah kerutan. Omega-3 menjaga kelenturan kulit dan membantu pemulihan kulit yang mengalami peradangan.

  1. Bit

Bit kaya akan kandungan vitamin A, magnesium, vitamin E serta kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan serat, vitamin dan protein tinggi pada kacang-kacangan berguna dalam proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun-racun yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin K dan jenis antioksidan yang lainnya. Hal ini tentunya berguna untuk mencegah radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Itulah jenis-jenis makanan sehat untuk menjaga kulit. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Related Posts

Share This