Tips Untuk Perawatan Gigi Bayi

Pada usia satu tahun, si kecil sudah memiliki gigi susu. Kondisi tersebut tentunya menjadi suatu pertanda bahwa bayi Anda mengalami perkembangan normal sesuai dengan tahapan usianya. Namun seiring dengan perkembangan tersebut terkadang banyak orangtua yang tidak menyadari pentingnya melakukan perawatn gigi pada bayi. Bahkan kebanyakan menganggap tidak perlu untuk melakukan perawatan khusus terhadap gigi susu.

Perawatan gigi bayi menjadi salah satu hal yang cukup penting dan tidak boleh disepelekan. Terlebih lagi gigi susu yang menjadi dasar untuk pertumbuhan gigi permanen. Kerusakan pada gigi susu akan berdampak buruk terhadap struktur gigi permanen dan bentuk rahang. Oleh karena itu, perawatn gigi bayi harus dilakukan sejak pertama kali mulai tumbuh.

Merawat gigi bayi pada awal-awal pertumbuhannya memang sangat sulit, namun jika Anda mengetahui cara yang tepat tentunya hal tersebut bukan menjadi permasalahan yang serius. Dalam membersihkan gigi si kecil tentunya Anda tidak memerlukan sikat gigi bayi karena dinilai kurang efektif. Pakar kesehatan menganjurkan untuk menggunakan alat khusus untuk membersihkan gigi bayi yang disebut dengan finger tooth brush for baby.

Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi Bayi Usia 0 – 6 Bulan

Untuk merawat dan menjaga kebersihan mulut bayi usia 0-6 bulan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan gusi bayi menggunakan kain lembab secara perlahan, minimal dua kali dalam sehari.
  2. Hindari kebiasaan memberikan susu dalam botol sambil tidur karena akan menggenangi mulut si kecil sehingga rentan mengakibatkan infeksi kuman.
  3. Jika sudah selesai menyusui, bersihkan mulut bayi.
  4. Hindari menambahkan gula atau madu ke dalam botol susu bayi.
  5. Lebih efektif pemberian ASI samapi usia 6 bulan, bukan susu formula.

Merawat Kebersihan Gigi Bayi Usia 7 – 12 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, si kecil mulai tumbuh gigi sehingga diperlukan perhatian yang ekstra untuk menjaga kebersihan mulut dan giginya. Berikut langkah-langkah untuk merawat gigi dan mulut bayi pada usia 7 bulan sampai 1 tahun:

  1. Bersihkan gusi dan gigi bayi menggunakan kain lembut yang dibasahi air.
  2. Hindari kebiasaan memberikan susu botol sambil tidur.
  3. Meskipun gigi si kecil sudah mulai tumbuh, alangkah lebih baiknya apabila Anda menggunakan kain bukan sikat gigi untuk membersihkan gigi si kecil.
  4. Apabila gigi geraham si kecil mulai tumbuh, Anda bisa menggunakan sikat gigi kecil untuk membersihkan sela-sela gigi.
  5. Hindari penggunaan pasta gigi. Cukup dengan menggunakan sikat gigi yang dibasahi air.
  6. Periksakan gigi si kecil secara rutin ke dokter.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk perawatan terhadap gigi bayi. Gigi susu yang mulai tumbuh harus dirawat dengan baik karena gigi tersebut akan mempengaruhi struktur gigi permanen. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517