Tips Untuk Mengatasi Varises Pada Waktu Hamil

Varises merupakan salah satu gangguan penyakit yang biasanya terjadi di area kaki. Varises terjadi akibat dari pembengkakan pembuluh darah. Pada umumnya varises muncul setelah melakukan aktivitas berdiri ataupun berjalan terlalu lama sehingga aliran darah pada kaki terhambat.

Varises pada ibu hamil terjadi akibat adanya pengaruh dari hormon kehamilan yaitu progesteron. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang semakin besar di dalam kandungan akan memberikan tekanan pada pembuluh darah sehingga terjadi pembengkakan pada pembuluh darah balik atau vena.

Tips Untuk Mengatasi Varises Pada Waktu Hamil

Seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan, varises pada ibu hamil tidak hanya bisa terjadi pada bagian kaki saja. Akan tetapi varises juga bisa terjadi pada bagian tubuh yang lainnya. Salah satunya yaitu di area kewanitaan. Varises pada area ini sangat berbahaya karena akan menyulitkan proses persalinan sehingga bisa terjadi persalinan caesar. Maka dari itu, penting sekali ketika menjalani masa kehamilan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan olahraga khusus ibu hamil. Untuk mencegah terjadinya varises pada waktu hamil, ini tipsnya.

Olahraga secara teratur

Rajin berolahraga secara teratur pada waktu hamil akan mengurangi resiko terjadinya varises. Hal ini karena olahraga akan mencegah terjadinya penumpukan lemak dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Lakukan olahraga ringan pada waktu hamil seperti jalan kaki pada pagi hari ataupun mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil. selain untuk mencegah varises, berolahraga juga akan bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Perhatikan dan cukupi kebutuhan cairan untuk tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah sehingga mencegah terjadinya varises selama menjalani masa kehamilan. Selain itu, dengan banyak minum air putih akan menghindarkan Anda dari dehidrasi karena kebutuhan cairan pada waktu hamil akan lebih banyak.

Hindari sepatu atau sandal dengan hak tinggi dan sempit

Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya hindari menggunakan sepatu ataupun sandal dengan hak tinggi dan sempit karena bisa menyebabkan varises akibat dari pembuluh darah pada bagian kaki terhambat. Selain bisa menyebabkan varises, memakai sepatu hak tinggi sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan ibu hamil terjatuh.

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi sangat disarankan bagi ibu hamil. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi akan meminimalisir terjadinya varises selama masa kehamilan. Makanan yang mengandung vitamin E sangat bagus untuk mencegah varises. Mengkonsumsi makanan bergizi tergolong salah satu cara mengatasi varises pada ibu hamil.

Jangan memijat bagian tubuh yang terkena varises

Hindari untuk melakukan pijatan pada bagian tubuh yang terkena varises, hal ini karena akan menyebabkan rasa sakit dan memperburuk kondisi pembuluh darah. Apabila Anda terkena varises pada waktu hamil sebaiknya mengompres bagian tubuh tersebut dengan air dingin.

Mengatur posisi tubuh dan melakukan relaksasi kaki

Selama hamil sebaiknya Anda menghindari berdiri ataupun duduk terlalu lama karena aktivitas tersebut akan memicu terjadinya varises. Pada waktu duduk sebaiknya Anda mengatur posisi dengan posisi kaki lebih tinggi daripada panggul. Selain itu, Anda juga bisa melakukan relaksasi kaki denagn cara duduk santai kemudian angkat kaki lalu putar pergelangan kaki secara perlahan. Cara ini bisa membantu Anda supaya pembuluh vena pada kaki akan memompa darah dengan normal ke jantung.

Related Posts

Share This