Mengurangi dan Mengatasi Pembengkakan Pada Kaki Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan terkadang banyak keluhan dan perubahan yang terjadi pada wanita. Perubahan fisik dan psikis merupakan hal yang umum terjadi pada wanita setelah melahirkan. Salah satu perubahan yang biasanya terjadi yaitu pembengkakan pada kaki. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena pembengkakan tersebut merupakan salah satu hal yang umum terjadi. Pembengkakan pada kaki terjadi akibat dari adanya penumpukan cairan pada mata kaki. Selain itu, pembengkakan pada kaki terjadi akibat dari aliran darah yang terhambat sehingga volume darah yang meningkat tidak bisa dialirkan secara normal. Pembengkakan pada kaki sangat rentan terjadi pada wanita yang memiliki riwayat darah tinggi. Meskipun kondisi tersebut akan menghilang dengan sendirinya, akan tetapi diperlukan cara untuk mengatasinya supaya tidak mengganggu kenyamanan selama proses menyusui setelah melahirkan.

Tips Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Proses Persalinan

Dibawah Ini Ada Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Pembengkakan Pada Kaki Setelah Melahirkan

Mengatur posisi kaki. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk untuk mengatasi kaki yang bengkak setelah melahirkan yaitu dengan meninggikan kaki pada waktu tidur ataupun duduk. Pada waktu duduk atau tidur, sebaiknya ganjal kaki Anda dengan bantal supaya posisinya lebih tinggi. Cara ini bertujuan supaya cairan yang menumpuk pada kaki akan berkurang.

Melakukan peregangan. Untuk mengatasi kaki  bengkak, Anda bisa melakukan peregangan dengan cara berjalan santai di rumah atau halaman rumah. Peregangan bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian kaki sehingga akan mengurangi pembengkakan.

Merendam kaki menggunakan air garam. Kandungan mineral pada garam bisa mengatasi kelelahan setelah melahirkan dan bisa mengatasi pembengkakan pada kaki. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan cara melarutkan garam ke dalam air hangat kemudian rendam kaki selama beberapa menit. Cara ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Pada waktu duduk hindari posisi menyilangkan kaki. Bagi Anda yang mengalami pembengkakan kaki setelah melahirkan sebaiknya jangan duduk dengan posisi kaki yang disilangkan. Hal ini akan menyebabkan peredaran darah pada kaki terhambat sehingga akan memperburuk kondisi Anda.

Hindari makanan yang memiliki rasa asin. Makanan yang asin sebaiknya dihindari ketika Anda mengalami kaki bengkak setelah melahirkan. Kandungan garam dari makanan tersebut akan menyebabkan penumpukan cairan pada kaki semakin banyak.

Jangan menahan kencing. Menahan kencing kerap kali dilakukan oleh sebagian wanita dengan alasan untuk mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan bekas jahitan pasca melahirkan. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena justru bisa memicu dan memperparah kondisi pembengkakan pada kaki.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This