Tips Untuk Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh bayi yang paling sensitif. Hal ini karena struktur kulit bayi masih sangat tipis sehingga rentan terjadi iritasi. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus benar-benar menjaga dan merawat kulit si kecil supaya tidak mudah terkena infeksi ataupun iritasi. Kulit bayi irutasi tentunya akan mengganggu kenyamanan sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada proses pertumbuhan jika tidak segera ditangani dengan benar.

Kulit bayi memerah dan iritasi biasanya terjadi pada area-area yang tertutup atau berlipat seperti pada bagian ketiak, leher, selangkangan, punggung dan bagian yang tertutup lainnya. Gangguan kulit yang paling umum menyebabkan iritasi pada bayi yaitu biang keringat. Biasanya biang keringat akan menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman karena gatal dan panas.

Untuk mencegah kulit bayi mudah memerah dan iritasi yaitu dengan merawat kulit bayi secara rutin. Hal yang paling mudah Anda lakukan yaitu dengan memandikan bayi secara rutin setiap harinya, minimal memandikan bayi sehari dua kali. Dalam memandikan bayi sebaiknya Anda menggunakan sabun khusus bayi untuk mencegah iritasi.

Setelah memandikan, usahakan supaya kulit si kecil benar-benar kering supaya tidak lembab dan terjadi iritasi. Keringkan tubuh bayi pada bagian yang berlipat-lipat karena area tersebut sangat rentan terjadi iritasi. Selain itu, gunakan lotion atau bedak khusus bayi supaya tidak lembab dan menimbulkan infeksi bakteri.

Usahakan supaya suhu ruangan tempat tidur bayi dalam keadaan stabil sehingga tidak terlalu panas dan dingin. Suhu kamar yang terlalu panas bisa membuat bayi lebih mudah berkeringat sehingga hal ini memicu terjadinya iritasi kulit bayi. Selain itu, kamar tidur bayi hendaknya memiliki ventilasi yang baik sehingga bisa terjadi pertukaran udara dan mencegah si kecil berkeringat.

Perhatikan pula kebersihan popok bayi. Anda harus senantiasa memeriksa kebersihan popok si kecil dan jangan membiarkan popok yang sudah kotor terus menerus menempel. Segera ganti popok jika si kecil buang air. Popok yang sudah kotor jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan iritasi pada kulit seperti ruam. Selain itu, gunakanlah popok bayi yang sesuai ukuran sehingga tidak terlalu ketat. Popok yang terlalu ketat akan menimbulkan iritasi pada bagian yang menempel ketat di kulit bayi.

Dalam upaya merawat kulit bayi, hal-hal yang tidak kalah penting dan harus Anda perhatikan yaitu memilih kosmetik bayi. Hindari produk yang mengandung bahan kimia karena bisa membahayakan kulit si kecil. Pilihlah produk yang benar-benar aman dan dikhususkan untuk bayi. Selain itu, jangan menggunakan kosmetik bayi secara berlebihan.

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan yaitu dalam memilih pakaian untuk si kecil. Untuk mencegah iritasi sebaiknya pilih baju yang menggunakan bahan dasar katun. Pakaian jenis ini tidak menimbulakn panas dan bisa menyerap keringat sehingga sangat efektif untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517