Tips Untuk Mengatasi Gerah Saat Hamil Tua

Memasuki kehamilan tahap akhir, biasanya ibu hamil mengalami beberapa keluhan yang membuat perasaan tidak nyaman. Salah satu keluhan tersebut yaitu meningkatnya suhu tubuh yang membuat ibu hamil sering mengeluarkan keringat berlebih. Kondisi tersebut terjadi akibat dari adanya perubahan dan pengaruh hormonal di dalam tubuh sehingga mengakibatkan sirkulasi darah meningkat.

Secara tidak langsung kondisi badan yang gerah akan membuat ibu hamil senantiasa merasa tidak nyaman. Hal ini tentunya harus segera diatasi supaya tidak mengganggu aktivitas ibu hamil. Lalu tindakan apa saja yang harus diklakukan untuk mengatasi hal tersebut? Berikut ini tips untuk mengatasi gerah pada ibu hamil yang bisa menjadi solusi bagi Anda!

  • Perhatikan cara berpakaian

Dalam mengatasi gerah saat hamil muda, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memperhatikan jenis pakaian yang digunakan. Usahakan untuk selalu mengenakan pakaian longgar dengan bahan dasar katun yang bisa menyerap keringat dan tidak menimbulkan panas. Dengan begitu maka Anda akan terhindar dari kegerahan.

  • Olahraga

Olahraga secara teratur sangat berguna untuk menghilangkan dan meminimalisir panas di dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil seperti pilates, yoga, jalan kaki ataupun senam khusus ibu hamil.

  • Air putih

Perhatikan kebutuhan cairan untuk tubuh Anda. Konsumsilah air putih lebih banyak untuk meredakan panas tubu. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi air kelapa untuk menyeimbangkan suhu dan menyegarkan tubuh.

  • Mandi air hangat

Tahukah Anda bahwa mandi air hangat sangat efektif untuk meredakan gerah saat hamil. Mandi air hangat bisa Anda lakukan pada malam hari, namun jangan terlalu sering karena tidak baik untuk kehamilan dan kulit.

  • Hindari sinar matahari langsung

Untuk meminimalisir kegerahan selama hamil, usahakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang bersentuhan langsung dengan terik matahari. Pancaran langsung dari sinar matahari akan membuat kulit tubuh semakin panas sehingga rentan memicu kegerahan.

  • Penggunaan bedak tabur

Apabila beberapa cara diatas dirasa belum mampu mengatasi gerah saat hamil, maka untuk mengurangi keringat berlebih Anda bisa menggunakan bedak tabur. Taburkan bedak tersebut pada beberapa bagian tubuh seperti perut, ketiak ataupun leher. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya ruam dan iritasi akibat dari keringat berlebih.

Kegerahan pada waktu hamil memang tidak berbahaya, namun hal ini harus segera diatasi supaya tidak mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari selama hamil. Anda juga bisa menyesuaikan suhu ruangan supaya tetap dingin menggunakan kipas angin ataupun AC.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, konsumsilah buah-buahan ataupun air mineral. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan yang sehat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517