Tips Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan bentuk sekresi vaginal yang terjadi pada wanita atau keluarnya cairan selain darah menstruasi pada kelamin wanita. Keputihan digolongkan kedalam dua bagian yaitu keputihan yang normal (fisiologis) yang biasa terjadi setiap bulan sebelum atau sesudah menstruasi. Sedangakan keputihan yang abnormal (patologis) merupakan keputihan yang terjadi akibat dari adanya infeksi bakteri pada vagina sehingga mengakibatkan rasa gatal dan mengeluarkan cairan kental yang berbau busuk. Keputihan yang bersifat patologis harus segera ditangani karena bisa membahayakan kesehatan organ intim wanita. Selain itu, kondisi keputihan yang semakin parah bisa berakibat pada kesehatan rahim.

Tips Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Penyebab munculnya keputihan yaitu faktor kebersihan organ intim, gaya hidup dan hormon. Keputihan yang abnormal diakibatkan oleh infeksi virus, jamur dan bakteri yang menyerang organ intim wanita akibat kebersihan organ intim yang tidak terjaga. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim supaya terhindar dari infeksi jamur atau bakteri penyebab keputihan. Selain itu, penting bagi wanita untuk mengetahui tips mengatasi keputihan.

Ada Beberapa Tips Untuk Mengatasi Masalah Keputihan Pada Wanita

Menjaga kebersihan vagina

Salah satu hal yang paling penting untuk mengatasi dan mencegah infeksi jamur keputihan yaitu dengan senantiasa selalu menjaga kebersihan vagina. Biasakan untuk membersihkan dan membasuh vagina setelah buang air dengan cara membasuh dari bagian depan ke arah belakang dan jangan melakukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah kontaminasi dan infeksi bakteri pada vagina.

Menjaga kelembapan vagina

Untuk mencegah terjadinya keputihan bisa dilakukan dengan menjaga kelembapan pada vagina. Tingkat keasaman vagina yang terlalu tinggi akan memicu terjadinya keputihan. Untuk menjaga kelembaban vagina sebaiknya Anda jangan memakai celana yang terlalu ketat. Selain itu, jangan membiasakan menggunakan sabun pembersih untuk membersihkan vagina karena akan mengganggu keseimbangan pH pada vagina.

Menerapkan gaya hidup sehat

Tips menghilangkan keputihan yang selanjutnya yaitu dengan membiasakan dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Biasakan untuk rutin berolahraga setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Hal ini akan mendukung kesehatan badan Anda sehingga terhindar dari keputihan. Selain itu, usahakan supaya pikiran tidak stress karena pikiran yang penuh dengan tekanan akan membuat pola hidup Anda tidak teratur sehingga bisa memicu berbagai macam penyakit termasuk keputihan.

Teliti dalam memilih dan menggunakan pembalut

Bagi wanita, pembalut merupakan salah satu barang yang sangat penting pada waktu menstruasi. Pembalut sangat praktis dipakai pada waktu menstruasi supaya darah tidak tembus keluar pakaian. Akan tetapi, bagi para wanita sebaiknya teliti dalam memilih dan menggunakan pembalut supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan. Memakai jenis atau produk pembalut yang tidak tepat bisa memicu munculnya keputihan dan iritasi pada vagina. Selain memilih jenis pembalut yang tepat, Anda juga harus rutin mengganti pembalut pada waktu menstruasi. Usahakan untuk mengganti pembalut minimal 4 jam sekali setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri yang bisa memicu infeksi pada vagina yang bisa mengakibatkan keputihan.

Membersihkan vagina dengan ramuan tradisional

Menjaga keseimbangan pH dan kebersihan vagina bisa menggunakan ramuan tradisional yaitu daun sirih. Kandungan batlephenol pada daun sirih berguna untuk membunuh kuman serta bakteri karena bersifat sebagai antioksidan dan anti bakteri atau jamur. Anda bisa membuat ramuan tradisional ini dirumah dengan cara merebus daun sirih, setelah itu dibasuhkan pada organ intim (vagina). Menggunakan ramuan daun sirih lebih baik untuk vagina daripada menggunakan sabun pembersih yang mengandung bahan kimia. Membersihkan vagina dengan ramuan tradisional merupakan salah satu cara menghilangkan keputihan pada wanita.

Related Posts

Share This