Tips Untuk Melancarkan Haid

Haid merupakan suatu hal yang sudah biasa dan rutin dialami oleh wanita normal setiap bulan. Haid adalah perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita. Proses haid dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Akibat adanya perubahan dan pengaruh hormon tersebut terkadang banyak keluhan yang dirasakan oleh wanita pada waktu haid. Selain itu, tidak semua wanita mengalami proses haid yang lancar, terkadang ada sebagian wanita yang mengalami siklus haid yang kurang lancar setiap bulannya. Faktor yang mempengaruhi lancar atau tidaknya siklus haid adalah adanya gangguan hormon, faktor kelelahan dan pikiran yang stres. Kondisi seperti ini tentunya membuat seorang wanita merasa khawatir akan terjadinya kelainan pada organ reproduksi. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara melancarkan haid setiap bulannya. Pada kesempatan ini kita akan berbagi tips untuk melancarkan haid.

Tips Untuk Melancarkan Haid

Ada Beberapa Tips Untuk Melancarkan Haid

Istirahat yang cukup. Salah satu cara untuk melancarkan haid adalah dengan mencukupi waktu istirahat. Kondisi tubuh yang fit akan terhindar dari perasaan stres. Pikiran yang stres merupakan salah satu faktor yang menghambat siklus haid dan menyebabkan ketidakteraturan haid.

Berolahraga menjelang menstruasi. Untuk melancarkan haid, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki santai atau yoga. Manfaat olahraga sebelum haid yaitu akan memperlancar haid dan siklus haid akan teratur setiap bulannya. Akan tetapi, Anda tidak boleh melakukan olahraga yang terlalu berat karena bisa menyebabkan kelelahan sehingga menghambat siklus haid.

Mengkonsumsi makanan yang sehat. Bagi Anda yang menginginkan siklus haid yang lancar sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Makanan yang bagus dikonsumsi untuk melancarkan haid yaitu sayuran hijau, kacang-kacangan dan daging merah. Kandungan zat besi, lemak omega-3 dan vitamin pada makanan tersebut akan membantu melancarkan siklus haid dan menghindarkan Anda dari kekurangan darah (anemia).

Biasakan untuk menggunakan pakaian dalam yang nyaman. Pada waktu haid sebaiknya Anda menggunakan pakaian dalam yang nyaman. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri akibat pengaruh hormon pada waktu haid. Memakai bra yang terlalu ketat biasanya akan membuat wanita merasa tidak nyaman dan kesakitan pada payudara. Maka dari itu, untuk menjalani proses haid yang nyaman sebaiknya memakai pakaian yang tidak membuat Anda tersiksa.

Meredakan rasa nyeri dan melancarkan haid dengan jamu. Mengkonsumsi jamu bisa menjadi salah satu solusi dalam melancarkan haid. Akan tetapi sebaiknya Anda mengkonsumsi jamu tradisional racikan sendiri supaya lebih aman bagi kesehatan.

Mengkonsumsi buah-buahan. Untuk mendapatkan siklus haid yang lancar setiap bulan, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari. Buah-buahan sangat bagus untuk membantu melancarkan haid yang bermasalah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517