Tips, Trik dan Cara Untuk Melatih Anak Tidur Sendiri

Melatih anak tidur sendiri memang perlu dilakukan oleh setiap orangtua. Mengapa demikian? Hal ini karena merupakan salah satu cara untuk melatih kemandirian seorang anak. Mungkin terlihat sepele namun memiliki dampak yang sangat besar untuk anak. Untuk membiasakan anak tidur sendiri sebaiknya dilakukan sejak usia dini agar menjadi sebuah kebiasaan hingga dewasa. Mulailah untuk mengajarkan si kecil tidur sendiri ketika mulai memasuki usia 3 tahun dan lakukan secara bertahap. Artinya jangan langsung meninggalkan si kecil tidur di kamar yang berbeda sendirian.

Strategi awal supaya si kecil terbiasa tidur sendiri yaitu dengan memisahkan tempat tidurnya. Dalam artian masih satu ruangan dengan Anda namun ranjangnya terpisah. Lakukan ini selama beberapa waktu dan jika sudah terbiasa dan usia si kecil semakin bertambah maka Anda bisa mulai melatih anak tidur sendiri di ruangan yang berbeda atau kamar khusus untuk anak.

Kebiasaan anak yang yang tidur terus menerus dengan orangtuanya memang kurang baik karena hal ini akan berdampak pada pola perilaku anak yang akan selalu bergantung pada orangtua. Si anak tidak akan bisa mandiri dan tidak memiliki keberanian. Maka dari itu mengapa melatih anak tidur sendiri itu penting? Itulah alasannya.

Dalam upaya untuk melatih anak supaya terbiasa tidur sendiri memang tidaklah mudah. Namun semuanya bisa teratasi dengan trik jitu yang berbeda dari setiap orangtua. Tentunya setiap orangtua memiliki cara tersendiri dalam menyiasati hal tersebut. Nah, bagi Anda yang masih merasa kerepotan, berikut ini ada beberapa tips, trik dan cara melatih anak tidur sendiri!

Masa Transisi

Langkah awal untuk membiasakan anak tidur sendiri tentunya harus melalui masa transisi. Jangan seklaigus atau langsung meninggalkan anak untuk tidur sendirian. Salah satu contohnya yaitu dengan melatihnya ketika tidur siang. Biarkan si kecil untuk tidur sendirian di kamarnya dan pada malam hari tetap masih tidur sama ayah bundanya. Nah, setelah beberapa waktu mengajarkan pada siang hari maka kini saatnya Anda melatih anak untuk terbiasa tidur sendiri pada malam hari. Masa transisis memang penting supaya anak bisa beradaptasi.

Mencipatakan Suasana Yang Nyaman

Selanjutnya buatlah kamar anak senyaman mungkin dengan menambahkan hiasan sesuai dengan kesukaan anak. Dengan suasana kamar yang nyaman dan menarik maka si kecil akan lebih tertarik untuk tidur sendirian di kamar tersebut. Selain itu, belikan si kecil baju tidur yang bagus, menarik dan nyaman saat di pakai. Hal ini akan menciptakan suasana yang nyaman untuk si kecil ketika tidur.

Usahakan Supaya Anak Terbiasa Di Kamarnya

Langkah berikutnya untuk melatih anak tidur sendiri yaitu dengan membiasakan supaya tidur di kamarnya. Apabila si kecil terbiasa menghabiskan waktunya di kamarnya sendiri maka hal ini akan berdampak terhadap tidurnya. Si kecil akan terbiasa untuk tidur sendiri di kamarnya. Hal ini mungkin terlihat biasa saja namun akan memberikan dampak untuk kebiasaan si kecil.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan guna melatih anak tidur sendiri. Biasakan hal ini dan harus menjadi kebiasaan bagi anak sehingga akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan pemberani. Jangan terlalu memanjakan anak karena akan berdampak terhadap tumbuh kembang psikologisnya di masa yang akan datang, latihlah supaya si kecil terbiasa hidup mandiri sejak dini. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat untuk Anda terutama para orangtua.

Related Posts

Share This