Tips Tidur Nyenyak Dengan Konsumsi Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Tips tidur nyenyak. Tidur merupakan salah satu proses untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Tidur yang berkualitas sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi tumbuh kembang anak. Perlu Anda ketahui bahwa proses pertumbuhan dan perkembangan anak banyak terjadi pada waktu tidur. Oleh karena itu, anak usia balita membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dan berkualitas.

Selain untuk perkembangan fisik, tidur juga akan berdampak terhadap perkembangan psikis anak. Pada waktu tidur, otak akan memiliki banyak waktu untuk memproses informasi didalam memori. Nah, dengan waktu tidur yang cukup maka akan berdampak positif terhadap perkembangan mental dan intelegensi anak.

Akibat kurang tidur biasanya akan menyebabkan balita menjadi hiperaktif, sulit berkonsentrasi, mengantuk siang hari, moody dan memiliki memori lemah. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus menciptakan suasana yang nyaman supaya si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Makanan Agar Si Kecil Tidur Nyenyak

  1. Makanan Berprotein

Supaya si kecil tidur nyenyak, maka berikan asupan makanan yang berprotein pada waktu makan malam. Makanan yang berprotein akan membantu menstabilkan kadar gula darah sehingga mencegah si kecil terjaga pada malam hari.

  1. Asam Lemak Omega-3

Sumber nutrisi yang satu ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak. Namun juga bermanfaat untuk membuatnya terlelap malam hari. Berikan makanan yang mengandung asam lemak omga-3 seperti alpukat, kacang, ikan tuna, ikan salmon dan biji-bijian.

  1. Makanan Yang Mengandung Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium berguna untuk merilekskan otot. Nah, hal ini tentuny akan membuat si ekcil lebih mudah tertidur dengan pulas di malam hari. Makanan yang mengandung magnesium banyak terdapat dalam jenis sayuran hijau.

  1. Makanan Mengandung Zinc

Si kecil yang mendapatkan asupan zinc biasanya akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Sumber nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari makanan seperti daging, wijen dan biji bunga matahari.

Makanan Yang Sebaiknya Dikurangi Supaya Si Kecil Tidur Nyenyak

Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan diatas, ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa mempengaruhi kualitas tidur si kecil. Diantaranya yaitu:

  1. Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering biasanya menjadi alternatif cemilan sehat untuk anak. Namun, makanan ini tidak boleh dikonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak. Hal ini karena mengandung pengawet buatan, gula dan garam. Makanan jenis ini bisa menurunkan kualitas tidur si kecil di malam hari.

  1. Jus Buah

Jus buah mengandung banyak fruktosa yang bisa meningkatkan lonjakan energi pada tubuh. Kondisi tersebut akan membuat si kecil susah tidur.

  1. Makanan Yang Mengandung Pewarna Buatan

Menurut riset membuktikan bahwa makanan yang mengandung pewarna buatan sangat beresiko terhadap kesehatan anak. Bahkan hal ini bisa menjadi sangat sensitif kbagi si kecil dan salah satu dampaknya yaitu terhadap penurunan kualitas tidur.

Demikian tips supaya si kecil tidur nyenyak di malam hari. Selain makanan, perhatikan juga kebersihan dan kenyamanan tempat tidur anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517