Tips Tepat Memberi Nama Anak Laki-laki Secara Islam

Sudah sepantasnya kalau kita sebagai umat islam untuk selalu mengikuti anjuran serta nasehat yang diberikan oleh Muhammad Saw. Nahkan ada sebagian nasehat yang diberikan agar para orangtua bisa memberikan nama anak laki-laki yang tepat dan penuh dengan arti yang baik untuk sang buah hati, mengapa? Karena nama juga merupakan doa untuk buah hati.

Bukan hanya itu, hal tersebut juga sesuai dengan sabda Rasulullah Saw dalam sebuah hadits riwayat imam Abi Daud dari Abi Dardaara, yang memiliki bunyi seperti:

“Rasulullah berkata: sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-namamu dan nama-nama ayahmu. Maka baguskanlah nama-namamu.”

Maksud dari memberia nama anak laki-laki islam yang baik juga memiliki makna yang bagus yaitu harus memiliki beberapa manfaat, dan manfaat yang akan di peroleh ketika orangtua memberi nama bayi yang tepat yaitu:

  1. Mengamalkan anjuran Rasulullah SAW
  2. Enak didengar dan enak untuk diucapkan dikarenakan pelafalan juga artinya bagus
  3. Pemberian nama yang bagus juga memiliki makna yang baik pastinya bisa mempengaruhui jiwa juga kehidupan si kecil untuk masa depan, dan hal ini telah diisyaratkan dalam sebuah riwayat shahih Bukhari dan Sa’iid bin al-Musayyab dari ayah dan kakeknya.
  4. Ketika kita menyebut nama si kecil, secara tidak langsung kita mendoakannya sesuai dengan makna yang terkandung di dalam nama si kecil.
  5. Ketika si kecil memiliki nama, maka ia memiliki ciri atau identitas ketika ada orang yang memanggilnyam, baik di dunia fana ataupun ketika berada di akhirat ketika si kecil menghadapNya.

Dan berikut ini ada beberapa tips yang penting yang bisa bunda terapkan ketika akan memberikan nama untuk anak laki-laki, yaitu sebagai berikut”

  1. Bunda dan ayah harus memberikan nama kepada si kecil yang merujuk pada kebaikan sifat si kecil, keunggulan karakter juga terhadap kebesaran sang pencipta.
  2. Berilah nama kepada si kecil dengan menggunakan nama Nabi ataupun nama rasul, ataupun sejumlah nama lainnya yang saleh juga memiliki budi yang baik. Terapkan harapan di dalam nama si kecil, agar kelak si kecil bisa menjadi mahluk yang mulia seperti nama besar yang merejka sandang,
  3. Bunda ataupun ayah harus menghindari nama yang memang malah menghamba kepada kekuatan lainnya selain Allah. Dimisalkan Abdul Uzza dan lain sebagainya.
  4. Hindari penggunaan nama yang memang merupakan gelar dari seoarng superior seperti Malikul Malik yang artinya raja diraja, karena gelar seperti itu hanyalah milikiNya seutuhnya.
  5. Namun ketika bunda ingin memberikan nama-nama allah yang sangat indah kepada si kecil, sebaiknya bunda jangan menggunakan alif ataupun lam, misalkan al-aziz, as-Sayyid dan beberapa nama lainnya. Namun jika bunda memberikan nama-nama allah tanpa menggunakan alif atau lam seperti Rahiim, Rahman, Quddus dan lainnya, maka hal tersebut di perbolehkan.
  6. Namun, bagaimana dengan pemberian nama-nama modern? Misalkan alex, Jhon, Sesilia dan lain sebagainya. Jika Anda seoarng muslim, alangkah lebih baik lagi jika Anda memberikan nama si kecil yang disesuaikan dengan tuntunan syariah agar nama yang diberikan kepada si kecil barokah. Nama-nama bayi modern atau lebih kea rah barat seberanya memiliki akar nama yang merujuk kea rah budaya, keyakinan, serta agama lain yang pastinya berbeda dengan agama islam, bukan?

Nah, itulah beberapa tips pemberian nama anak laki-laki yang bisa bunda terapkan ketika hendak memberikan nama untuk sang buah hati. Semoga tips ini bisa sangat membantu bunda juga ayah dalam memilih nama yang baik untuk si kecil.

Related Posts

Share This