Tips Tepat Ketika Anak Berenang

Walaupun berenang ataupun bermain air merupakan satu hal yang bisa membuat si kecil merasa senang, namun ingat, jangan pernah bunda lengah ketika anak berenang. Bunda harus tetap memperhatikan ketika si kecil tengah berenang, jangan sampai kejadian yang tidak di harapkan menimpa si kecil.

Di Amerika Serikat, tenggelam saat anak bayi berenang merupakan penyebab utama terjadinya kematian pada anak, hal ini dikarenakan terjadinya kecelakaan pada anak yang masih berada di usia 1-4 tahun ketika mereka berenang. Garry Gardner, M. D., ketua American Academy of Pediatrics Council on Injury, Violence, and Poison Prevention, menyarankan agar bunda tidak berada jauh dari si kecil ketika si kecil tengah berenang.

anak berenang

Bukan hanya itu, ia juga menyarankan agar ketika Anda berenang, sebaiknya simpan atau biarkan si kecil tetap berada di kolam renang anak-anak. Jangan sampai bunda membiarkan si kecil berada di kolam renang yang khusus untuk orang dewasa.

Berikut ini ada beberapa tips aman ketika anak berenang yang harus bunda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kursi berenang

Ketika usia si kecil memasuki usia 4 tahun, maka bunda bisa memasukkan si kecil ke tempat kursus bererang. Mengapa demikian? Karena bagaimanapun juga, bunda harus mengajarkan kepada si kecil bagaimana caranya yang tepat agar ia bisa mengambang di dalam air.

  1. Mata terbuka lebar

Ketika anak berenang, jangan pernah bunda lengah untuk mengawasi si kecil ketika berenang. Bunda harus memastikan kalau ada satu orang dewasa yang bertugas untuk selalu mendampingi atau bahkan mengawasi si kecil selama ia berenang. Jika bunda dan si kecil berada di kolam umum, maka bunda bisa menyewa seoarng lifeguard guna membantu bunda dalam mengawasi si kecil yang berenang.

  1. Tetaplah berada di dekat anak jika ia belum bisa berenang

Bunda harus memastikan kalau jarak bunda dengan si kecil tidak lebih dari jangkauan tangan. Hal ini patut bunda lakukan guna mengantisipasi ketika si kecil membutuhkan pertolongan bunda.

Baca juga: Langkah Aman Mengajarkan Bayi Berenang

  1. Jangan mengandalkan pelampung 100%

Mungkin bunda merasa kalau si kecil akan aman untuk di tinggalkan ketika ia berada di dalam pelampung. Ingat bunda, bunda jangan terlalu mengandalkan perlengkapan pelampung untuk si kecil, dikarenakan bisa saja sewaktu-waktu pelampung yang di gunakan si kecil tergores dan akhirnya terlepas. Walaupun si kecil menggunakan pelampung, namun bunda harus tetap mendampinginya.

  1. Pastikan ada pagar di sekeliling kolam

Pagar ini bisa menjaga si kecil agar si kecil tidak mendekati kolam renang dewasa tanpa sepengetahuan bunda.

Itulah cara atau tips jitu menjaga si kecil ketika anak berenang. Semoga dengan tips yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk bunda yang hendak membawa si kecil berenang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517