Tips Tepat Bagi Ibu Hamil 4 Bulan Agar Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagi sebagian besar ibu-ibu yang tengah hamil 4 bulan tidak mengetahui serta memahami bagaimana caranya mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. Ketika umur kehamilan menginjak 4 bulan, banyak diantaranya dari mereka yang mendapatkan kesulitan untuk beristirahat dengan baik dan tidur dengan nyenyak di malam harinya. Padahal, tanpa mereka ketahui, bahwa istrirahat atau tidur malam yang cukup bagi ibu hamil 4 bulan sangatlah berguna, dan pastinya kualitas tidur yang baik bagi ibu hamil 4 bulan akan sangat memberikan pengaruh terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Tips Ibu Hamil Agar Tidur Nyenyak

Nah, apakah Anda tahu cara atau tips mendapatkan tidur nyenyak ketika hamil 4 bulan?  Dan berikut ini kami menyiapkan tips tepat bagi ibu hamil 4 bulan agar mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari makan makanan ringan ketika larut malam

Bagi ibu yang tengah hamil 4 bulan, alangkah lebih baik jika Anda dapat menghindari mengkonsumsi cemilan di malam hari. Mengapa? Karena dengan Anda mengkonsumsi cemilan di malam hari, akan membuat Anda terjaga lebih lama, serta mampu menyebabkan rasa tidak nyaman terhadap perut Anda. Jika Anda lapar, maka Anda bisa menyelesaikan makan Anda 2 jam sebelum waktu tidur Anda, dan hal ini juga penting Anda lakukan guna mencegah rasa mulas.

  1. Kurangi aktivitas sebelum pergi tidur

Nah, hal yang juga harus di hindari oleh ibu hamil 4 bulan yaitu melakukan sejumlah aktivitas berat sebelum Anda tertidur, misalkan seperti membersihkan rumah atau kamar tidur. Nah, alangkah lebh baiknya lagi yaitu, Anda harus beristirahat sejenak, duduk santai dan tinggalkan buku, televise, Koran, ataupun sumber potensial lainnya dari kebisisngan ataupun cahaya yang di pancarkan dari benda lainnya beberapa menit sebelum Anda tertidur.

  1. Luangkan waktu untuk tidur siang

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda hamil 4 bulan, tidur siang sangatlah penting untuk Anda perhatikan, oleh karena itu, Anda harus menyediakan waktu untuk tidur siang setiap harinya agar kondisi tubuh Anda tidak terlalu lelah, karena tubuh lelah mampu memberikan pengaruh buruk terhadap janin yang ada di dalam kandungan. Namun satu hal yang harus ibu hamil 4 bulan ketahui, Anda jangan pernah tidur siang lebih dari 30 menit, karena jika Anda tidur siang lebih dari batas waktu yang di anjurkan, maka hal tersebut mampu menyebabkan ibu hamil 4 bulan mendapatkan kesulitan untuk bangun serta akan menyebabkan perasaan grogi.

  1. Gunakan bantal tambahan

Ketika ibu hamil 4 bulan tertidur, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan bantal tambahan guna menompang kepala serta tubuh bagian atas Anda. Mengapa? Karena posisi ini akan jauh memungkinkan terjadinya gravitasi guna mengurangi tekanan terhadap diafragma juga mampu membantu Anda mempermudah pernapasan ketika tengah tertidur.

  1. Tidur dengan posisi menyamping

Ketika ibu hamil 4 bulan, maka cobalah untuk terbiasa dengan posisi tidur menyamping, karena dengan posisi menyamping mampu membantu Anda mengurangi jumlah tekanan terhadap Rahim serta mampu membantu ibu hamil mampu bernafas dengan baik. Bukan hanya itu, posisi penyamping ketika tidur juga mampu membantu sakit pada bagian punggung.

  1. Buatlah tempat tidur lebih nyaman

Tempat atau ruangan tidur yang nyaman merupakan salah satu kunci bagi Anda mendapatkan tidur yang nyenyak juga berkualitas. Anda bisa menyediakan bantal yang jumlahnya lebih banyak agar bisa Anda gunakan untuk menompang tulang bagian belakang guna meredakan sakit pada bagian punggung. Anda bisa memilih kasur yang baik serta mampu memberikan dukungan yang nyaman bagi tubuh Anda agar terhindar dari rasa sakit punggung atau sakit otot.

  1. Matikan lampu

Anda harus menjaga kamar Anda agar tetap ada dalam keadaan yang tenang serta tidak terlalu terang. Anda bisa menyalakan lampu tidur dengan cahaya yang memang tidaklah terlalu terang, serta jangan pernah Anda menghadapkan sumber cahaya tersebut ke arah Anda ketika Anda tertidur. Karena cahaya buatan mampu menganggu tidur alami Anda juga dapat menghambat produksi hormone melatonin, yang mana mampu mengacaukan siklus tidur Anda.

Dan itulah beberapa tips tepat bagi ibu hamil 4 bulan agar mendapatkan tidur malam yang nyenyak serta berkualitas. Semoga artikel yang kami posting kali ini bisa sangat membantu Anda semua.

Related Posts

Share This