Tips Supaya Asam Urat Tidak Kambuh

Seperti yang kita ketahui bahwa asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak terkontrol terutama dalam hal pola makan. Asam urat sebenarnya sudah ada didalam tubuh. Hanya saja ada yang mengalami peningkatan dan tidak. Pemicu asam urat mengalami peningkatan adalah adanya purin yang menumpuk didalam tubuh. Darimana zat purin berasal? Purin berasal dari luar tubuh yang terdapat dalam setiap makanan yang kita konsumsi.

Masing-masing makanan mengandung kadar zat purin yang bervariasi. Nah, oleh sebab itulah mengapa penyebab utama dari timbulnya asam urat adalah pola makan yang tidak benar. Kunci untuk sukses dari asam urat memang terletak pada pola pengaturan makanan. Jika bisa mengontrol makanan dengan tepat maka hal ini akan sangat berguna untuk mengatasi asam urat supaya tidak kambuh lagi.

Inilah Tips Supaya Asam Urat Tidak Kambuh

Supaya asam urat tidak kambuh lagi dan membahayakan kondisi kesehatan tubuh lainnya, maka sebaiknya mulai merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Tinggalkan kebiasaan kebiasaan buruk terutama dalam hal memilih jenis makanan. Upayakan untuk memperhatikan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi tinggi.

Berikut ini beberapa tips supaya asam urat tidak kambuh yang bisa menjadi panduan Anda dalam hidup yang lebih baik lagi!

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk mencegah gangguan asam urat supaya tidak kambuh lagi yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh. Caranya sangat mudah yaitu dengan membiasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari atau setara 2 liter per hari. Manfaatnya untuk melarutkan dan membuang zat purin. Dengan mencukupi asupan cairan untuk tubuh maka proses metabolisme akan berjalan lancar sehingga tidak aka nada sumbatan zat purin yang memicu asam urat.

Baca Juga:  Langkah dan Cara Mengatasi Darah Rendah

Mengontrol Pola Asupan Makanan

Tips selanjutnya untuk mencegah kambuhnya asam urat yaitu dengan cara mengontrol pola asupan makanan dengan baik. Pahami mana jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak dan ketahui juga jenis makanan yang hanya boleh dikonsumsi sekedarnya atau bahkan tidak sama sekali. Ada beberapa jenis sumber makanan yang sebaiknya dihidari atau dikonsumsi sekedarnya oleh penderita asam urat. Apa saja jenis makanan tersebut? Perhatikan berikut ini!

  • Jeroan seperti usus, babat, limpa, hati dan olahannya.
  • Daging kambing, domba, sapi.
  • Makanan laut seperti kepiting, cumi, udang dan olahannya.
  • Makanan yang diawetkan dalam kaleng.
  • Kacang kedelau dan olahannya, emping melinjo, kacang hijau dan kacang tanah.
  • Jenis sayuran seperti kangkung, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.
  • Buah nanas, durian, alpukat dan kelapa (airnya).
  • Minuman yang mengandung alkohol.

Olahraga Rutin

Untuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan membuang zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh, maka lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga maka bisa membantu untuk membuang penumpukan zat zat purin di dalam tubuh penyebab kambuhnya asam urat.

Menjaga Berat Badan Ideal

Upayakan untuk menjaga berat badan ideal sehingga tidak terjadi peningkatan kadar purin didalam tubuh. Jika kelebihan berat badan maka purin bisa meningkat secara mendadak, dalam artian peningkatan yang tiba-tiba akibat pengaruh kelebihan lemak tubuh.

Demikian beberapa tips supaya asam urat tidak kambuh lagi dalam jangka waktu yang lebih lama atau bahkan tidak akan pernah kambuh lagi selamanya. Selalu terapkan pola hidup sehat dalam upaya untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517