Tips Sehat Untuk Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga setiap hari. Menjaga kesehatan tubuh bukan perkara yang sulit untuk dilakukan, hanya saja kurangnya kesadaran dari masing-masing orang yang menjadikan hal ini terlihat sulit. Dalam upaya untuk manjaga kesehatan tubuh banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti mengkonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga dan menjauhi segala kebiasaan buruk yang bisa merugikan tubuh. Pada kesempatan ini penulis akan sedikit berbagi tips sehat menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan memang menjadi suatu kewajibaban bagi umat muslim. Dalam berpuasa tentunya kita dilarang untuk makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama kurun waktu tersebut tentunya tubuh harus bisa beradaptasi untuk tidak menerima asupan makanan seperti biasanya. Dengan begitu maka sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi guna menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Asupan makanan yang bernutrisi selama puasa memang sangat perlu untuk diperhatikan oleh setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Perhatikan pola makan yang bergizi, asupan cairan yang cukup dan juga sebaiknya tunjang dengan latihan olahraga yang ringan. Dengan begitu maka tubuh tidak akan mudah ngedrop dan kebugaran tubuh akan senantiasa terjaga dengan baik.

Berikut Ini Tips Sehat Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Selama Menjalankan Ibadah Puasa

  • Perhatikan Pola Makan Sehat Saat Sahur

Salah satu hal yang pernting untuk diperhatikan dalam menjaga kebugaran tubuh saat puasa yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi pada saat makan sahur. Dengan asupan makanan yang bergizi tentunya tubuh tidak akan mudah lelah selama menjalankan ibadah puasa. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta penuhi juga kebutuhan cairan tubuh untuk menghindari tubuh kekurangan cairan.

Pada saat puasa tentunya kita tidak makan dari waktu terbit fajar hingga terbenam matahari atau magrib. Hal ini tentunya akan membuat tubuh kehilangan banyak ion atau cairan. Risikonya bisa menyebabkan dehidrasi jika kebutuhan cairan tidak bisa dipenuhi dengan sangat baik. Oleh karen itu sangat penting sekali untuk mengkosumsi makanan bergizi dan juga penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum yang cukup pada saat sahur.

Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah yang kaya akan serat, konsumsi sayuran, buah-buahan, daging, telur dan makanan sehat lainnya. Hindari jenis makanan yang tidak bernutrisi seperti mie instan. Dengan asupan makanan yang bernutrisi tinggi tentunya hal ini akan memberikan tenaga yang cukup dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu dengan asupan makanan yang bergizi akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Atur Pola Makan Saat Berbuka Puasa

Jika tadi berbicara soal pola makan saat sahur, kini yang harus Anda perhatikan adalah pengaturan pola makan pada saat berbuka puasa. Penting sekali untuk memperhatikan pola makan pada saat berbuka puasa sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan sangat baik. Perhatikan asupan makanan bergizi pada saat berbuka puasa dan juga perbanyak minum air putih guna mengganti cairan yang hilang sehingga tubuh akan kembali fit seperti semula.

Pengaturan pola makan yang baik dan benar selama berbuka dan sahur memang emnjadi salah satu hal yang sangat menunjang kesehatan tubuh dalam menjalankan ibadah puasa. Meskipun pada siang hari tidak makan dan minum namun tentunya kesehatan tubuh Anda akan tetap terjaga dengan baik jika memperhatikan asupan makanan yang bergizi.

Penuhi kebutuhan protein, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Perhatikan asupan makanan bergizi, jangan asal makan pada waktu sahur dan juga berbuka puasa. Satu hal lagi yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu jangan makan berlebihan karena justru hal tersebut bisa berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh dalam menjalankan ibadah puasa.

  • ¬†Olahraga Rutin

Tips sehat selama berpuasa yang selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari atau minimal tiga kali dalam sehari. Dengan rutin berolahraga maka hal ini akan sangat berguna dalam menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Demikian tips sehat dalam menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa yang penting untuk Anda perhatikan. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang akan menghadapi momen bulan Suci Ramadhan tahun ini. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This