Tips Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan. Jika sistem imun Anda terganggu maka tubuh akan lebih mudah terkena penyakit yang berasal dari infeksi virus serta bakteri. Tubuh yang sehat memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas dengan baik. Dengan tubuh yang sehat pula Anda bisa menjadi seorang manusia yang produktif.

Ukuran sehat secara sederhana pada dasarnya tubuh tidak mudah terserang penyakit dan semua organ tubuh berfungsi dengan baik. Dalam menjaga kesehatan tubuh tentunya sangat mudah untuk dilakukan, hanya saja dalam hal ini masih banyak orang yang tidak memiliki kesadaran untuk melakukan hal tersebut. Sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh tidak memerlukan cara yang sulit. Kuncinya yaitu pola hidup sehat dan rutin olahraga.

Makanan yang bergizi pada dasarnya akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, begitupun dengan olahraga maka akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh melalui produksi sel darah putih. Berikut tips untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Olahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga pada pagi hari minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh senantiasa selalu bugar dan sehat. Dengan begitu maka akan membantu meningkatkan imun tubuh.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup akan membantu meregenerasi sel tubuh dengan baik sehingga sistem daya tahan ktubuh bisa berfungsi dengan baik. Waktu istirahat malam yang kurang akan memicu penurunan imun tubuh yang berdampak terhadap kesehatan.

Pikiran Positif

Senantiasa berpikiran positif akan membuat Anda selalu bahagia dan terhindar dari stres. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab sistem imun tubuh menurun adalan stres yang berkepanjangan.

Perhatikan Kebersihan Makanan

Setiap makanan yang Anda konsumsi hendaknya harus dipastikan benar-benar bersih dan higienis. Proses pengolahan makanan harus dilakukan dengan benar sehingga tidak ada bakteri dan zat kimia yang masuk ke tubuh.

Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat seperti buah dan sayur sebaiknya Anda masukan dalam daftar menu makanan harian. Makanan berserat berguna untuk memperlancar pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur sangat ampuh untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kontrol Pola Makan

Hindari kebiasaan makan dengan porsi berlebihan sebab hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan pola makan yang tidak terkontrol akan menyebabkan imun tubuh mengalami penurunan secara drastis. Yang lebih beresiko adalah kenaikan berat badan berlebih atau obesitas yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung dan diabetes.

Konsumsi Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu jenis nutrisi yang berguna untuk menstimulus sistem imun sehingga berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Nah, untuk vitamin D ini bisa ditemukan pada jenis makanan seperti ikan, telur dan hati. Selain itu matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang sangat bagus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517