Tips Sehat: Makan Sehat Di Tempat Kerja

Tips sehat. Makan sehat di tempat kerja terkadang menjadi tantangan yang berat bagi kebanyakan orang. Hal ini karena kesibukan kerja yang menyebabkan tidak adanya waktu untuk memilih makanan sehat. Dengan padatnya aktivitas biasanya makanan cepat saji dan praktis menjadi pilihan utama tanpa menghiraukan kandungan gizinya.

Makanan cepat saji yang dikonsumsi secara terus menerus tentunya bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Dalam hal ini sebaiknya Anda mencari solusi tepat sehingga meskipun sibu kerja, tetapi asupan makanan sehat tidak terganggu. Walaupun terlihat sangat sulit, namuan Anda bisa membenahi pola makan menjadi lebih baik lagi.

Jangan Pernah Melupakan Sarapan

Sarapan pagi adalah salah satu aktivitas sehat yang sebaiknya tidak Anda tinggalkan. Kebiasaan melewatkan sarapan pagi akan berdampak terhadap kesehatan tubuh sehingga menurunkan konsentrasi Anda ketika bekerja.

Meskipun Anda memiliki jadwal pekerjaan yang padat, sebaiknya sarapan jangan ditinggalkan. Sempatkan beberapa menit untuk sekedar minum susu dan makan roti. Dengan begitu maka Anda akan terhindar dari resiko gangguan kesehatan.

Sempatkan Makan Siang

Sebagian orang kadang tidak memiliki waktu untuk sekedar menikmati makan siang akibat kerjaan yang menumpuk. Kondisi seperti ini jika terus berulang maka dakan memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Bahkan bisa menurunkan imunitas tubuh akibat asupan nutrisi kurang, namun tubuh dipaksa untuk terus bekerja.

Usahakan untuk menyempatkan waktu makan siang di tempat kerja dengan menu makan yang bervariasi sehingga kebutuhan gizi tubuh tercukupi dengan baik. Kesibukan Anda jangan sampai mengakibatkan kesehatan terganggu.

Selingi Dengan Cemilan

Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar meskipun sibuk, maka Anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat saat kerja. Pilihlah jenis cemilan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi seperti biskuit gandum, pisang rebus, ubi rebus, dark chocolate dan yoghurt. Hindari cemilan yang tinggi kandungan lemak dan kalori.

Minum Kopi dan Teh

Secangkir teh atau kopi bisa menjadi teman Anda untuk melewati kesibukan setiap hari. Akan tetapi usahakan supaya tidak menambahkan banyak gula kedalam minuman tersebut karena beresiko terhadap gangguan kesehatan seperti diabetes atau kenaikan berat badan secara drastis.

Makan Malam Sehat

Setelah seharian bergelut dengan aktivitas yang padat maka penuhi kebutuhan gizi tubuh dengan makan malam sehat. Terlebih lagi bagi Anda yang melanjutkan pekerjaan hingga lembur maka perhatikan asupan makanan yang bergizi. Menu makan malam yang direkomendasikan yaitu buah-buahan, sayuran dan protein. Pada waktu makan malam sebaiknya porsi karbohidrat di kurangi untuk mencegah kenaikan berat badan.

Nah, itulah tips makan sehat ditempat kerja yang bisa Anda aplikasikan supaya kondisi tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This