Tips Sehat Kehamilan 28 Minggu

Tidak terasa kini janin didalam kandungan sudah memasuki kehamilan 28 minggu. Perkembangannya semakin cepat dan pesat dengan segala kemampuan yang berkembang. Kini perubahan bentuk fisik berlangsung secara drastis.

Di usia kehamilan 28 minggu, janin yang semula tampak seperti organism sel tunggal, kini menjadi gumpalan sel, organism kecil dan terakhir berwujud menjadi bayi manusia. Nah, apda minggu ke-28 apa saja dan bagaimana tumbuh kembang janin?

Pada 28 minggu kehamilan, janin sudah berwujud bayi manusia. Ekor yang pada awalnya dimiliki oleh janin kini perlahan sudah menghilang selamanya. Kini proporsi anatomi janin sudah semakin membaik dan ukuran kepalanya sudah lebih besar daripada badannya. Disamping itu kaki janin sudah lebih panjang dibandingakn dengan bagian tangannya.

Bulu mata, alis dam rambut kini tumbuh pada kepala dan wajah janin. Sebenarnya rambut sudah mulai tumbuh pada minggu sebelumnya dan semakin membaik pada minggu ini dan mulai tampak menutupi bagian kepala bayi.

Pada minggu ke-28 ini gigi susu mulai perlahan tumbuh pada gusi mungil si kecil. Perkembangan tersebut berkat pertumbuhan jaringan tulang dan otot pada janin. Maka dari itu untuk mengoptimalkan perkembangan tersebut harus didukung dengan asupan kalsium dan protein.

Perkembangan indera yang dimiliki oleh janin kini sudah hampir lengkap. Beberapa indera seperti penglihatan, pendengaran dan perasa berkembang dengan sangat baik dan berfungsi untuk digunakan janin. Si kecil mengenali dan lebih peka terhadap cahaya dari luar kandungan meskipun retina mata baru terbentuk.

Permukaan otak bayi kini sudah memiliki banyak lipatan namun masih terlihat halus. Jaringan otaknya sudah semakin berkembang dengan sangat pesat untuk menyiapkan diri menjelang proses kelahiran. Kini jutaan neuron berkembang setiap hari dengan sangat baik.

Panjang janin pada minggu ini mencapai 14,8 inchi dan berat janin sekitar 2/25 pounds. Pada minggu ini janin sedang gemar untuk bergerak atau menggerak-gerakan bagian kelopak mata serta bulu mata. Janin sedang menimkati masa-masa sinar yang masuk menerobos kulit tipis dari tahim Anda.

Kulit janin pada minggu ini mulai memiliki karingan lemak sehingga kulitnya tidak lagi terlihat keriput. Janin sudah perlahan menggemuk dan lebih berisi. Pada minggu ini Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan karena bisa saja terjadi kelahiran prematur.

Tips Sehat Kehamilan Minggu Ke-28

Untuk menjaga kebugaran tubuh pada minggu ke-28 maka sebaiknya Anda menyempatkan untuk bergerak atau olahraga ringan. Contohnya yaitu melakukan peregangan ringan atau jalan santai secara rutin di pagi hari. Hal ini untuk membuat perasaan Anda lebih nyaman dan terhindar dari berbagai kelihan di minggu ke-28.

Berolahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan janin didalam kandungan, namun dengan melakukan aktivitas sehat ini maka bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mempersiapkan proses persalinan.

Bagi Bunda yang ingin melakukan olahraga di kehamilan 28 sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu menambah asupan kalori sebanyak 350 kalori sehingga janin didalam kandungan tidak kekurangan nutrisi.

Olahraga memang sangat penting, akan tetapi Anda harus memperhatikan asupanĀ  makanan yang bergizi dan menambah porsi makan sehingga kebutuhan janin terpenuhi dengan sangat baik. Pola makan sehat sangat penting untuk diperhatikan.

Pada minggu ke-28 , Bunda sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang mengandung kalsium untuk menunjang perkembangan tulang dan awal pembentukan gigi susu. Sumber makanan yang dianjurkan yaitu susu, namun jika Bunda merasa bosan minum susu maka bisa menggantimnya dengan produk olahan seperti keju dan yoghurt.

Related Posts

Share This