Tips Sehat Ibu Hamil: Mengatasi Nafsu Makan Yang Semakin Menurun

Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu gejala yang paling umum pada ibu hamil. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada awal kehamilan. Pada dasarnya nafsu makan yang berkurang dipengaruhi oleh perubahan hormone yang memicu mual, pusing serta muntah. Lebih tepatnya hal ini sering disebut dengan gejala morning sickness atau ngidam. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan berbagai tips sehat ibu hamil untuk mengatasi nafsu makan yang berkurang.

Kehilangan nafsu makan pada awal kehamilan tentunya sangat beresiko terhadap perkembangan janin. Terlebih lagi pada trimester awal sedang berlangsung pembentukan organ-organ pada janin sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Penurunan nafsu makan pada ibu hamil harus diatasi dengan segera sebelum akhirnya menyebabkan komplikasi yang membahayakan kehamilan akibat asupan nutrisi yang terhambat.

Penyebab Nafsu Makan Berkurang Selama Hamil

Sebelum membahas lebih jauh mengenai solusi untuk mengatasi nafsu makan yang berkurang, alangkah lebih baiknya jika mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi nafsu makan ibu hamil:

  1. Mual

Penyebab utama ibu hamil kehilangan nafsu makan yaitu karena perasaan mual. Gejala ini biasanya muncul pada pagi hari sehingga selera untuk sarapan jadi hilang. Mual dan muntah pada awal kehamilan memang hal yang wajar terjadi, namun Anda harus mencarai solusi untuk mengatasinya sehingga itidak akan mengganggu asupan nutrisi bagi janin.

  1. Perubahan Hormonal

Selama proses kehamilan berlangsung, tubuh akan beradaptasi sesuai dengan perkembangan janin. Nah, dalam hal ini ada peran penting dari hormone progesterone untuk meningkatkan penebalan pada dinding rahim. Peningkatan produkdi progesterone inilah yang memperlambat proses pencernaan sehingga nafasu makan menurun.

  1. Stres

Penyebab kehilangan nafsu makan yang selanjutnya yaitu karena faktor ketegangan seperti stres. Hal ini mungikin terlihat sepele namun akan berdampak terhadap kesehatan ibu hamil dan janin sebab asupan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil akan terganggu.

Mengatasi Nafsu Makan Yang Berkurang Selama Hamil

Gejala-gejala yang muncul pada saat hamil merupakan hal yang wajar dan normal terjadi. Namun untuk menunjang perkembangan janin maka hal ini sebaiknya ditangani dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengatasi nafsu makan yang berkurang selam hamil:

  • Hindari makan berat seperti nasi pada saat sarapan. Sebaiknya Anda memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti dan sereal gandum.
  • Makan dengan porsi kecil tetapi intensitasnya sering.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang berlemka karena sulit dicerna dan bisa memicu mual yang semakin parah.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-bauahan.
  • Anda juga bisa memperbanyak konsumsi gandum dan buah pisang.
  • Usahakan untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres.
  • Hindari makanan yang memiliki bau menyengat dan rasa pedas.
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan membangkitkan nafsu makan setiap harinya.
  • Berkonsultasilah dengan dokter seputar keluhan yang Anda rasakan.

Demikian cara untuk mengatasi nafsu makan yang berkurang selama menjalani masa kehamilan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517