Tips Sehat Ibu Hamil Dengan Terapi Emosi

Tips sehat ibu hamil. Pada dasarnya perubahan fisik dan psikis pada ibu hamil dipengaruhi oleh hormone kehamilan. Pengaruh hormone tersebut tidak jarang membuat ibu hamil tidak bisa mengontrol emosi. Dampak buruknya dari emosi yang tidak terkontrol yaitu terhadap konsisi psikis yaitu mudah marah, sering gelisah dan bahkan sedih tanpa sebab.

Perubahan emosi yang semakin buruk akan berdampak terhadap kondisi kesehatan ibu hamil. Hal tersebut lebih parahnya akan mengakibatkan janin terganggu. Biasanya jika emosi tidak terkontrol akan berpengaruh terhadap nafsu makan sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan janin akan terhambat. Oleh karena itu, penting sekali dilakukan terapi emosi guna mencegah gangguan pertumbuhan pada janin.

Biasanya perubahan emosi pada ibu hamil sulit ditebak dan berubah-ubah. Bahkan seringkali ibu hamil merasa stres dan depresi yang ditandai dengan peningkatan detak jantung dan perubahan perilaku. Nah, yang dikahawatirkan adalah peningkatan detak jantung ibu hamil bisa mempengaruhi kesehatan janin yang berada di dalam kandungan.

Untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis salah satu caranya bisa dilakukan dengan terapi musik untuk mengontrol emosi. Menurut sebuah riset menemukan bahwa musik dengan nada yang lembut jika diperdengarkan akan membuat mood menjadi lebih baik dan tenang sehingga hal ini akan sangat kberguna dalam membantu kesehatan fisik dan psikis ibu hamil.

Terapi musik termasuk salah satu cara untuk memberikan kenyamanan pada bayi di dalam kandungan. Secara tidak langsung terapi musik akan membuat ibu hamil merasa lebih tenang sehingga meminimalisir emosi yang tidak berguna. Terapi musik yang dilakukan oleh ibu hamil bisa membantu menyeimbangkan hormone.

Terapi musik bisa dilakukan disetiap usia kehamilan untuk membantu mengatasi setiap keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Adapaun tahapan untuk melakukan terapi emosi menggunakan musik yaitu sebagai berikut:

  • Ibu hamil bisa memilih musik klasik dan dengarkan seperti halnya mendengarkan musik pada umunya. Untuk lebih rileks bisa menggunakan headset dan luangkan waktu sekitar 30 menit untuk mendengarkan musik setiap harinya.
  • Sesekali tempelkan headset ke bagian perut supaya musik klasik yang Anda putar bisa didengar oleh bayi. Atur volumenya supaya tidak terlalu keras.

Pada waktu mendengarkan musik klasik usahakan supaya Anda tidak tertidur. Hal ini karena bisa menyebabkan koneksi emosi dalam diri Anda dan janin bisa iterganggu. Manfaat terapi emosi dengan mendengarkan musik tidak hanya untuk ibu hamil saja, namun cara tersebut juga berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Stres pada waktu hamil memang sangat berbahaya terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin. Ibu hamil sebaiknya bisa mengendalikan emosi dan usahakan untuk tetap rileks selama menjalani kehamilan supaya terhindar dari keluhan-keluhan yang membahayakan.

Related Posts

Share This