Tips Sehat: Hindari Jenis Makanan Ini Selama Puasa

Tips sehat selama menjalankan ibadah puasa memang perlu untuk diperhatikan oleh semua orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selain menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim, dengan berpuasa juga bisa berdampak positif terhadap kesehatan tubuh jika dilakukan dengan tepat. Dalam menjalankan ibadah puasa, menjaga kebugaran tubuh memang sangatlah penting. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Disamping itu sebaiknya hindari jenis makanan yang sekiranya kurang sehat dan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis makanan baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa jenis makanan yang memiliki tampilan dan citarasa yang enak sekiranya bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara terus menerus bisa mengakibatkan penyakit berbahaya untuk kesehatan tubuh. Nah, dalam menjalankan ibadah puasa sebaiknya kita semua mengetahui jenis makanan yang sekiranya bisa berdampak negatif untuk kesehatan.

Jenis makanan seperti gorengan atau asinan memang selintas sangat nikmat untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Akan tetapi tahukah Anda ternyata jenis makanan tersebut tidak begitu dianjurkan jika dikonsumsi secara terus menerus dan bukanlah merupakan menu berbuka yang sehat. Mengapa demikian? Hal ini karena seperti yang kita ketahui bahwa jenis makanan seperti gorengan dan asinan memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi sehingga hal ini jelas kurang sehat untuk tubuh. Bahkan pada asinan mengandung garam cukup tinggi yang berpotensi mengundang penyakit hipertensi.

Lalu apa sajakah jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada waktu berbuka puasa? Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari dan jangan terlalu banyak dikonsumsi supaya tidak memberikan dampak negatif untuk kesehatan!

Gorengan

Bagi sebagian orang, gorengan merupakan camilan yang sangat nikmat untuk disantap sebagai menu pembuka pada waktu berpuasa. Gorengan dipadukan dengan es buah tentunya menjadi menu yang sangat enak sekali sebagai pelepas lapar dan haus. Akan tetapi sebaiknya kita memperhatikan aspek lain ketika memutuskan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Jangan hanya mengutamakan enak atau tidaknya saja. Aspek kesehatan juga penting untuk dipertimbangkan.

Perlu diketahui bahwa gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang kurang sehat dan tidak begitu dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu berbuka puasa. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui bahwa gorengan mengandung banyak minyak sehingga berpotensi terhadap peningkatan kolesterol dan bisa juga mengakibatkan perut kembung setelah berbuka.

Makanan Manis

“Berbukalah dengan yang manis” merupakan sebuah ungakapan yang seirng kita dengar dan pernyataan tersebut memang benar adanya. Berbuka dengan makanan manis memang bermanfaat untuk mengembalikan energy yang hilang selama puasa. Namun dalam hal ini harus dipahami bahwa berbuka dengan yang manis hendaknya jangan berlebihan sebab bisa berdampak negatif juga untuk kesehatan. Makanan manis bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat drastis sehingga berisiko terhadap gangguan kesehatan seperti diabetes.

Makanan/Minuman Yang Mengandung Gas

Jangan terlalu banyakmengkonsumsi makanan seperti kol, kubis atau brokoli karena bisa menyebabkan perut kembung. Jenis makanan ini mengandung gas cukup tinggi. Selain itu, hindari juga jenis minuman bersoda karena efek sampingnya terhadap perut kembung.

Makanan Dengan Rasa Asin

Makanan atau camilan yang mengandung garam atau rasa asin memang sangat enak untuk disantap. Akan tetapi waspadalah karena jenis makanan ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus. Efek sampingnya terhadap gangguan kesehatan seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Demikian tips sehat dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi pada waktu sahur dan berbuka puasa. Makanan sehat dan bergizi menjadi salah satu jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi. Jangan semabrangan mengkonsumsi makanan selama puasa karena dampaknya bisa sangat fatal untuk kesehatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Supaya bisa khusyu dalam menjalankan ibadah puasa, sebaiknya utamakan konsumsi makanan yang sekiranya sehat dan bergizi. Jangan hanya mementingkan rasa saja. Aspek kesehatan dan gizi juga sangat perlu untuk dipertimbangkan. Semogat tips sehat ini bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyu dan tentunya bisa membawa berkah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517