Tips Sehat: Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Konsumsi Buah

Tips sehat dalam hidup memang menjadi salah satu topik yang sangat penting. Hidup sehat menjadi hal yang sangat penting untuk kehidupan yang lebih baik dalam jangka panjang. Dengan tubuh yang sehat dan kuat maka kita akan terhindar dari berbagi risiko penyakit berbahaya. Menjaga kesehatan tubuh bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Semuan orang pastinya bisa melakukan hal tersebut. Hanya saja tidak semua orang tidak memiliki kesadaran itu.

Mengkonsumsi buah memang seringkali dianjurkan untuk menambah kebutuhan nutrisi tubuh. Buah menjadi makanan yang paling sehat bersama dengan sayur. Hal ini karena buah dan sayur kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Buah dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Akan tetapi seringkali banyak kesalahan yang dilakukan dalam konsumsi buah. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam konsumsi buah?

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Konsumsi Buah

Hanya Menyaring Airnya Saja

Mungkin banyak dari kita yang mengkonsumsi buah dengan cara disaring untuk diambil airnya. Ternyata tindakan seperti itu kurang tepat. Mengapa demikian? Hal ini karena tubuh tidak hanya membutuhkan vitamin dan mineral saja, melainkan membutuhkan serat. Jika kita mengkonsumsi buah dengan cara disaring untuk mengambil airnya saja maka tindakan tersebut tidak membuat serat pada buah ikut termakan.

Maka dari itu, ketika mengolah buah dengan cara di jus sebaiknya jangan disaring. Minum jus dengan ampasnya jangan disaring sehingga manfaat buah bisa Anda rasakan dnegan sangat baik. Jangan membuang manfaat buah yang kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Menunda

Banyak yang beranggapan dan percaya dengan mitos bahwa jika buah dikonsumsi dengan makanan lain maka tidak akan bisa dicerna dengan baik. Anggapan ini tentu saja tidaklah benar. Sistem pencernaan sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa mencerna berbagai jenis makanan. Jadi Anda tidak perlu menunda konsumsi buah. Buah bisa Anda konsumsi kapan saja. Yang terpenting dilakukan secara teratur.

Terlalu Banyak

Seringkali kita mendengar program diet yang hanya harus mengkonsumsi buah dan sayur saja. Ini tentunya tidak sepenuhnya benar. Mengkonsumsi buah-buahan terlalu banyak justru tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena buah mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Konsumsi buah sebaiknya dilakukan secara teratur dengan porsi yang cukup. Jangan berlebihan karena berisiko juga untuk kesehatan pencernaan.  Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Konsumsi buah harus disesuaikan demi untuk menjaga kebugaran tubuh yang baik. Jangan berlebihan dan juga jangan kurang atau tidak mengkonsumsinya. Buah-buahan memiliki manfaat yang sangat luar bias ajika dikonsumsi secara bijak dan benar.

Demikian beberapa manfaat buah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Mulai saat ini konsumsi buah secara rutin dan teratur. Pilihlah buah yang masih segar dan cuci buah sebelum dikonsumsi supaya terhindar dari bahaya pestisida. Jangan ragu untuk konsumsi buah karena buah-buahan memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan pada buah juga bisa menhindarkan kita dari bahaya radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu sebaiknya jangan ragu untuk konsumsi buah.

Buah-buahan seperti kelompok buah berry adalah jenis buah yang tinggi akan kandungan antioksidan sehingga khasiatnya sangat luar bisa dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Related Posts

Share This