Tips Sederhana Untuk Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu hal yang mengganggu kenyamanan ketika beraktivitas. Kondisi tersebut mungkin akan membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi dan bahkan tidak bersemangat. Perut kembung bisa disebabkan oleh banyak hal seperti faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi. Biasanya jenis makanan atau minuman yang mengandung gas sangat rentan menyebabkan perut kembung. Contohnya minuman bersoda atau minuman berkafein.

Masalah kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak, dewasa dan orangtua. Bahkan bayi sekalipun bisa mengalami kondisi tersebut. Cara mengatasi perut kembung sebenarnya sangatlah mudah dan tidak memerlukan obat khusus. Perut kembung bisa dicegah dengan menghindari konsumsi makanan penyebabnya. Lalu bagaimana untuk mengatasinya?

Berikut Tips Mengatasi Perut Kembung

  1. Minum Air Sedikit Demi Sedikit

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan minum air sedikit demi sedikit secara konsisten. Cara ini bertujuan untuk menjaga kadar cairan tubuh supaya tetap normal. Kekurangan cairan atau kurang minum akan menyebabkan tubuh menjadi syok sehingga timbulah perut kembung.

  1. Konsumsi Semangka

Bagi Anda yang mengalami perut kembung, makanlah buah semangka, melon atau nanas. Jenis buah-buahan tersebut bisa mencegah dan mengatasi perut kembung. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung potassium dan juga kadar air yang cukup untuk mengeluarkan tumpukan garam berlebih pada tubuh.

  1. Permen

Mengunyah permen karet ternyata bisa menyebabkan perut kembung. Nah, untuk mengatasi dan mencegah perut kembung sebaiknya konsumsi permen mint yang bebas gula. Jenis permen tersebut bisa membantu meredakan dan menghilangkan perut kembung.

  1. Makan Porsi Kecil dan Sering

Dengan menerapkan pola makan kecil namun sering akan mengontrol gula darah dan perut kembung. Konsumsilah menu makanan sehat dalam setiap jadwal makan Anda. Hindari jenis makanan yang mengandung gas.

  1. Jus Buan Cranberry

Cranberry merupakan salah satu jenis buah yang bersifat diuretik yang bisa menyebabkan keinginan untuk selalu buang air kecil. Nah hal ini bisa membantu perut kembung untuk membuang kelebihan cairan.

  1. Kopi Hitam

Kopi mengandung kafein yang bisa berguna untk membuat usus berkontraksi sehingga membersihkan sisa-sisa makanan. Jika Anda mengalami perut kembung minumlah kopi tanpa tambahan apapun.

  1. Olahraga

Dengan melakukan pergerakan atau berolahraga bisa mencegah dan menghindarkan Anda dari risiko perut kembung. Biasakan rutin berolahraga minimal 3 kali dalam sehari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.

Mudah bukan untuk mengatasi perut kembung. Untuk menghindari perut kembung yang mungkin terasa menyiksa, sebaiknya biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sekiranya tidak sehat untuk tubuh. Pilihlah jenis makanan yang bergizi dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Perut kembung terasa sangat mengganggu, gejalanya bisa mulai dari gejala ringan dan bahkan gejala yang sangat menyiksa. Pada musim hujan seperti saat ini sebaiknya Anda senantiasa mengenakan baju tebal untuk menghindari perut kembung. Utamakan untuk minum minuman hangat guna menjaga kenyamanan perut dan mencegah masuk angin.

Demikian tips untuk mencegah dan mengatasi masuk angina. Semoga ulasan artikel ini memberikan manfaat untuk Anda dan menjadi referensi yang berguna. Mulailah terapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan terhindar dari berbagai risiko ganggun kesehatan. Pola hidup sehat akan membuat keseharian Anda lebih bersemangat dan tampil luar biasa.

Related Posts

Share This