Tips Sarapan Pagi Sehat dan Menyenangkan Bagi Ibu Hamil

Sarapan pagi sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan tidak boleh ditinggalkan sebab bisa mempengaruhi kesehatan serta perkembangan bayi di dalam kandungan. Sarapan pagi berguna untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam masa pertumbuhannya. Selain itu, sarapan pagi memiliki dampak positif dalam menambah energi ibu hamil untuk menjalani aktivitas pada siang hari. Disarankan bagi ibu hamil untuk membiasakan menyantap menu sarapan pagi sehat dengan komposisi makanan yang bergizi.

Kebiasaan sarapan pagi ternyata bisa meningkatkan sistem perkembangan bayi sebesar 25% sehingga hal ini akan berpengaruh terhdap kecerdasan otaknya. Salah satu sumber makanan yang mempengaruhi perkembangan otak bayi yaitu sumber makanan yang mengandung glukosa. Kadar glukosa rendah atau disebut dengan hipoglikemia akan menyebabkan si kecil sulit berkonsentrasi dan merasa cepat lelah. Dampak negatif ini akan terjadi setelah si kecil lahir sebagai akibat dari kebiasaan ibu hamil yang meninggalkan sarapan pagi.

Bahkan kebiasaan ibu hamil yang sering meninggalkan sarapan akan berdampak negatif terhadap perkembangan emosional anak. Dalam hal ini perkembangan emosi si kecil cenderung akan memiliki sifat agresif. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini sedang hamil jangan pernah sesekali mengabaikan sarapan pagi supaya perkembangan janin tidak mengalami gangguan secara fisik ataupun mental.

Nah, Berikut Ini Tips Menyenangkan Sarapan Pagi Bagi Ibu Hamil

  1. Nikmatilah momen sarapan sambil bersantai di tempat favorit Anda, baik itu di ruang keluarga sambil menonton televisi ataupun di teras depan rumah sambil menikmati sejuknya udara pagi.
  2. Usahakan supaya suasana pikiran Anda lebih tenang sehingga bisa menikmati momen sarapan dengan sangat menyenangkan dan berkesan. Hindarkan pikiran negatif yang bisa merusak mood Anda untuk sarapan.
  3. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi, namun konsumsi dalam porsi kecil dan sering. Anda bisa memilih sereal ataupun roti gandum.
  4. Bagi Anda yang tidak menyukai susu karena menyebabkan mual, maka bisa mengkonsumsi produk olahan susu pada waktu sarapan. Contohnya yaitu puding roti, yoghurt dan keju.
  5. Perbanyaklah konsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan selama Anda hamil. Yang dianjurkan yaitu 8 gelas setiap hari. Pada waktu sarapan Anda bisa minum sebanyak 2 gelas.
  6. Hindari makanan pedas pada waktu sarapan.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein pada waktu sarapan untuk menunjang pertumbuhan si kecil di dalam kandungan.
  8. Hindari meminum kopi pada waktu sarapan. Gantilah dengan teh hangat.
  9. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi ataupun makanan yang bersantan.

Itulah beberapa tips menyenangkan sarapan pagi bagi ibu hamil. Sebisa mungkin ritual sarapan pagi jangan ditinggalkan supaya perkembangan janin tidak mengalami gangguan. Biasakan untuk sarapan pagi sebelum jam 9 dengan asupan makanan yang bergizi.

Related Posts

Share This