Tips Puasa Sehat Agar Tidak Mudah Lemas

Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan memang bukan perkara yang mudah. Banyak sekali godaan yang mungkin saja bisa merusak kesempurnaan dari ibadah yang kita jalani. Hal inilah yang menjadi sebuah tantangan bagi kita sebagai umat muslim dalam menghadapi setiap godaan. Jika dijalani dengan penuh keikhlasan dan niat yang kuat tentunya hal ini tidak akan terasa berat. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa godaan berpuasa salah satunya yaitu haus, lapar dan juga lelah. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, berikut ini penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips puasa sehat agar badan tidak mudah lelah dan lemas.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi memang menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah, hal ini juga tidak terkecuali pada waktu puasa. Asupan makanan yang sehat dan bergizi harus diperhatikan ketika berpuasa agar tubuh senantiasa dalam keadaan bugar sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik dan khusyu.

Makanan adalah salah satu komponen penting yang memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Jika asupan makanan tidak diperhatikan dengan baik maka hal ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Perlu diingat bahwa untuk menjaga kebugaran tubuh, terlebih lagi saat puasa penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Agar tubuh tidak mudah lemas saat puasa maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan perihal konsumsi makanan dan juga asupan cairan untuk tubuh.

Berikut Ini Tips Puasa Sehat Agar Tidak Mudah Lemas Sepanjang Hari

Konsumsi Makanan Berprotein

Tips puasa sehat yang pertama yaitu konsumsi makanan yang mengandung protein. Contohnya seperti ayam, telur, ikan, tempe, tahu atau kacang-kacangan. Nah, dengan asupan protein yang cukup maka tubuh akan memperoleh energi yang lebih banyak sehingga tidak akan mudah lelah dan lemas selama menjalani ibadah puasa.

Konsumsi Makanan Berserat

Selanjutnya konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat saat sahur. Makanan yang tinggi serat dan mengandung karbohidrat kompleks akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Mengapa demikian? Hal ini karena makanan berserat dan karbohidrat kompleks akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga hal ini membuat perut kenyang lebih lama. Apa saja jenis makanan yang tinggi serat? Diantaranya yaitu gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

Hindari Jenis Makanan Tinggi Garam

Selama berpuasa sebaiknya hidari jenis makanan tinggi garam saat sahur. Hal ini karena makan yang mengandung tinggi garam bisa membuat tubuh lebih mudah haus dan lapar. Dengan demikian sebaiknya batasi konsumsi garam guna menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Pilihlah jenis makanan yang sekiranya tidak terlalu asin.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

Tidak semua jenis lemak berbahaya bagi tubuh. Ada yang disebut dengan lemak baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Nah, selama berpuasa sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak baik guna melengkapi kebutuhan nutrisi untuk tubuh sehingga mencegah kelelahan yang berlebihan saat puasa. Lemak baik bisa membantu proses penyerapan nutrisi sehingga membuat tubuh lebih berenergi. Salah satu contoh jenis makanan dengan kandungan lemak baik yaitu buah alpukat, ikan salmon, ikan tuna, minyak zaitun dan lainnya.

Perhatikan Cara Memasak Makanan

Dalam mengolah makanan tentunya ada aturan yang sebaiknya tidak diabaikan. Untuk mengolah makanan yang akan dikonsumsi pada waktu sahur untuk menjalani ibadah puasa, sebaiknya jangan mengolah makanan terlalu lunak karena hal ini bisa menyebabkan tubuh cepat lapar dan lelah.

Penuhi Asupan Cairan Untuk Tubuh

Jangan lupa untuk minum yang cukup pada waktu sahur sehingga pada siang hari ketika menjalani ibadah puasa, tubuh akan senantiasa bugar dan tidak mudah lemas. Anda bisa mengkonsumsi air putih 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Dengan begitu kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi dengan baik.

Olahraga

Walaupun sedang menjalani ibadah puasa, olahraga tetap bisa Anda jalankan supaya kebugaran tubuh tetap terjaga dengan baik. Lakukan olahraga ringan seperti lari santai pagi hari, bersepeda ataupun yoga.

Demikian tips puasa sehat agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah lemas. Pola hidup sehat akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu maka tubuh tidak akan mudah lelah dan lemas sehingga kebugaran tubuh akan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa. Selamat berpuasa semoga berkah!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517