Tips Persiapan Mendaftarkan Pendidikan Anak Usia Dini

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, kini menginjak usia balita dan sudah saatnya Anda untuk memilih program pendidikan usia dini yang tepat. Hal ini sebagai langkah awal dalam mengembangkan kemampuan intelektual anak. Selain  pendidikan kyang Anda berikan dirumah, si kecil juga harus mendapatkan pendidikan formal diluar rumah. Kemampuan intelektual dan sosialisasi adalah salah satu tujuan untuk memberikan pendidikan anak dilingkungan luar rumah.

Memberikan pendidikan anak usia dini memang salah satu langkah awal dalam membantu mengembangkan kemampuan kognitif si kecil. Pendidikan anak usia dini bisa dikatakan sebagai pondasi awal  untuk mempersiapkan anak menghadapi masa depan yang lebih baik. Disamping itu, hal ini juga bertujuan untuk membentuk mental si kecil untuk menghadapi dan bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Berikut Tips Untuk Mendaftarkan Anak Ke Lembaga Usia Dini

  1. Pilih Playgroup Yang Mengedepankan Nilai Kesopanan

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftarkan anak, maka hal pertama yang harus Anda pertimbangkan yaitu memilih lembaga playgroup yang menjunjung nilai integritas tinggi terutama dalam hal kesopanan dan kedisiplinan. Hal ini bertujuan supaya anak lebih nyaman, tenang dan aman untuk belajar disana. Lembaga yang mengajarkan nilai-nilai moral tentunya sangat baik untuk membentuk pribadi anak sejak dini.

  1. Membentuk Kebebasan Anak

Disarankan bagi para orangtua untuk menanamkan dan mengajarkan arti kebebasan pada anak sebelum mengirimnya ke sebuah lembaga pendidikan usia dini. Hal ini supaya anak memiliki kebebasan dalam hal mengembangkan bakat dan potensinya. Cara ini menjadi pondari untuk anak sehingga nantinya bisa bersikap lebih mandiri dan bebas berkreasi. Ajarkan juga batasan dari kebebasan tersebut pada anak sehingga bertindak sesuai aturan.

  1. Mempersiapkan Emosi Anak

Anak-anak cenderung belum bisa mengontrol emosi sehingga dalam hal ini Anda perlu mempersiapkan emosinya sebelum pada akhirnya di daftarkan ke sebuah lembaga pendidikan. Jika Anda sudah bisa mengajarkan cara mengontrol emosi pada anak maka hal ini akan berdampak baik untuk si kecil ketika bersosialisasi serta menghadapi permasalahan. Selain itu, kemampuan si kecil dalam mengekspresikan emosi akan membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan potensinya.

  1. Bantu Kembangkan Rasa Sosial Anak

Mengembangkan rasa sosial anak sangat penting sebelum didaftarkan ke sekolah. Hal ini supaya si kecil lebih mudah untuk bergaul dan beradaptasi dengan teman-teman barunya disekolah. Ajarkan pada anak untuk belajar menyapa orang dengan sopan, berterimakasih dan memberikan salam. Selain itu, ajarkan pula untuk saling menghormati dan menghargai sesama teman.

  1. Persiapkan Kosakata Dasar

Terlepas dari beberapa poin diatas, Anda juga harus mengajarkan kosakata dasar pada anak. Hal ini sebagai upaya untuk mempersiapkan si kecil agar lebih siap untuk memulai proses belajarnya. Selain itu, kosa kata dasar berguna untuk si kecil berkomunikasi dengan orang lain.

Demikian beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan anak ke sekolah usia dini. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517