Tips Persiapan Melahirkan Normal Dengan Menghindari Kelelahan

Memasuki trimester ketiga tentunya akan membuat Anda semakin berdebar-debar dalam menanti kelahiran buah hati. Perasaan ibu hamil pada tahap ini biasanya campur aduk antara bahagia dan cemas. Namun sebisa mungkin ibu hamil harus mengontrol perasaan tersebut sehingga tidak akan memperngaruhi proses persalinan normal. Dalam hal ini penting sekali untuk melakukan persiapan melahirkan normal dengan melakukan tindakan positif seperti mengatur jadwal istirahat.

Ibu hamil pada tahap akhir memang sangat rentan mengalami kelelahan meskipun terkadang tidak melakukan aktivitas apapun. Pada dasarnya pemicu kelelahan tersebut karena beban kandungan yang semakin membesar. Kondisi ini memang wajar terjadi bagi setiap ibu hamil, namun sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Anda harus mencari solusi untuk mengendalikan rasa lelah tersebut sehingga otidak akan mempengaruhi persiapan menjelang persalinan.

Inilah Tips Persiapan Melahirkan Normal Untuk Mengatasi Kelelahan

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil jauh lebih tinggi jika dibandingkan sebelum hamil. Tidak mengherankan jika asupan nutrisi yang kurang selama hamil akan menyebabkan kelelahan. Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini mungkin terdengar sepele namun akan memberikan dampak yang luar biasa dalam menjaga kebugaran tubuh guna mencegah kelelahan.

Mengatur Waktu Istirahat

Mendekati waktu persalinan sebaiknya ibu hamil lebih banyak beristirahat supaya terhindar dari kelelahan yang bisa menghambat proses persalinan. Pastikan Anda mendapat waktu istirahat malam yang cukup sehingga pada pagi hari akan merasa lebih bugar.

Latihan Khusus

Rasa lelah di akhir kehamilan bisa Anda atasi dengan latihan khusus ibu hamil seperti senam yoga ataupun latihan meditasi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kebiasaan jalan kaki pagi kurang lebih 20 menit setiap harinya. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kebugaran dan menjaga energi tubuh.

Sempatkan Istirahat Di Siang Hari

Tidak hanya malam hari, ibu hamil sebaiknya meluangkan waktu istirahat siang. Anda tiak perlu tidur siang, yang terpenting adalah memiliki waktu khusus untuk bersantai dan berbaring diatas tempat tidur. Lakukan istirahat siang minimal 20 menit setiap harinya.

Konsumsi Makanan Sehat

Ibu hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat yang tinggi akan kandungan nutrisi. Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan dan sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan yang memiliki pemanis alami. Asupan makanan bergizi akan membantu menghilangkan irasa lelah yang mendera akibat perkembangan janin yang semakin membesar.

Jauhkan Rasa Takut Menghadapi Persalinan

Kelelahan tidak hanya terfokus pada segi fisik saja, akan tetapi ibu hamil juga bisa saja mengalami kelelahan dari segi emosional. Kecemasan berlebih akan membuat pikiran Anda cepat lelah sehingga hal ini memberikan dampak terhadap kondisi psikologis. Oleh karena itu, bersikap lebih tenang menghadapi persalinan adalah cara terbaik untuk terhindar dari kelelahan.

Related Posts

Share This