Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Bagi Ibu Baru

Perawatan bayi baru lahir adalah salah satu hal yang penting. Akan tetapi adanya mitos dan pengalaman seputar merawat bayi terkadang membuat ibu baru merasa kebingungan. Dalam hal merawat bayi memang memerlukan banyak pengetahuan dan informasi yang memadai. Bayi yang baru lahir memerlukan perawatan yang mendetail sebab kondisinya masih sangat sensitif dan rentan terhadap serangan penyakit.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman seputar merawat bayi, cobalah untuk berinteraksi dengan ibu-ibu yang sudah memiliki pengalaman. Selain itu perbanyak pula informasi sendiri melalui media cetak atau online. Sebab seiring dengan kemajuan teknologi, Anda bisa mengakses informasi dari rumah melalui gadget ataupun PC. Untuk ibu baru yang masih kebingungan seputar perawatan bayi, berikut ini ada beberapa tips yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda!

Beberapa Tips Seputar Merawat Bayi Bagi Ibu Baru

  • Kenali Tanda Bayi Saat Lapar

Pada awal-awal kelahiran, bayi cenderung lebih sering lapar. Nah, dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk peka dan mengenali tanda-tanda tersebut. Biasanya si kecil akan memberikan isyarat lapar dengan cara menangis karena itulah satu-satunya cara bayi berkomunikasi. Awal kelahiran merupakan waktu adaptasi bayi sebab ketika didalam rahim selalu mendapatkan makanan kapan saja melalui plasenta.

  • Peralatan Bayi

Anda harus mengetahui dan mempersiapkan semua peralatan untuk bayi yang baru lahir. Mulai dari peralatan makan, mandi dan kosmetika untuk bayi. Pilihlah produk perawatan bayi yang dinilai aman dan teruji klinis. Hindari produk kosmetik bayi yang mengandung bahan kimia sebab bisa mengakibatkan iritasi, mengingat kulit bayi masih sangat sensitif.

  • Pakaian Bayi

Dalam memilih pakaian bayi harus dilakukan dengan selektif. Pilihlah pakaian bayi yang berbahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat dan tidak mengakibatkan bayi kepanasan. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal sebab bisa mengakibatkan bayi lebih mudah berkeringat dan iritasi. Untuk bayi yang baru lahir, gunakan sarung tangan dan kaos kaki supaya kukunya tidak melukai bagian tubuh lain.

  • Perbanyak Wawasan

Inilah merupakan salah satu hal yang paling penting bagi ibu baru dalam merawat bayi. Anda harus memperkaya diri dengan pengetahuan dan wawasan yang memadai. Jangan bosan untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman.

  • Jangan Membuang ASI┬áPertama

Ibu baru harus mengetahui bahwa ASI yang pertama kali keluar sebaiknya diberikan pada bayi karena mengandung banyak nutrisi sebagai langkah awal pembentukan sistem kekebalan tubuh bayi.

  • Mainan Untuk Bayi

Bayi oyang baru lahir mungkin belum memahami dan mengenal mainan. Namun dalam hal ini tidak ada salahnya jika Anda mengajak si kecil untuk bermain dan menstimulus untuk berkomunikasi. Suara Anda sangat berguna sebagai stimulasi awal untuk proses tumbuh kembangnya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika menjadi ibu baru. Semoga bermanfaat dan perbanyak informasi!

Related Posts

Share This