Tips Penting Memasuki Usia Kehamilan 21 Minggu

Selamat yaa Bunda, kini sudah memasuki usia kehamilan 21 minggu. Hal ini berarti sudah melewati setengah dari tahap usia kandungan. Pada usia kehamilan ini Anda akan mengalami peningkatan berat badan karena bayi didalam kandungan semakin berkembang.

Pada usia kehamilan 21 minggu biasanya sebagian wanita akan mengalami peningkatan nafsu maka. Nah, kondisi ini bisa Bunda manfaatkan untuk memberikan asupan nutrisi yang lebih banyak melalui asupan makanan yang bergizi setiap harinya.

Perubahan secara drastic memang terjadi pada tubuh memasuki usia 21 minggu kehamilan sehingga dalam hal ini tubuh akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Gejala-gejala yang mungkin akan Bunda alami pada usia kehamilan 21 minggu yaitu kaki kram dan bengkak. Bunda tidak perlu khawatir karena hal ini tergolong wajar dan bisa diatasi dengan mudah.

Untuk mengatasi kram dan bengkak kaki di usia kehamilan 21 minggu bisa dilakukan dengan cara meninggikan posisi kaki ketika sedang berbaring atau hendak tidur. Bunda bisa meletakkan bantal sebagai tumpuan kaki sehingga akan terasa lebih rileks dan meredakan rasa sakit.

Disamping itu juga Bunda harus senantiasa untuk berpikiran tenang dan tidak stres supaya gejalanya tidak semakin parah. Stres atau bahkan depresi sangat berbahaya untuk kesehatan dan perkembangan janin yang ada didalam kandungan.

Supaya pikiran senantiasa tenang dan rileks maka Bunda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti mendengarkan musik, nenbaca atau menonton tv. Pikiran yang tenang akan memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan janin.

Perkembangan bayi setiap minggunya akan semakin meningkat untuk menyempurnakan organ-organ tubuh lainnya. Akan tetapi pada usia kehamilan 21 minggu ini bayi mengalami perkembangan yang sedikit melambat. Meskipun begitu Bunda harus tetap memberikan dan memperhatikan asupan makanan bergizi supaya berat badannya pada waktu lahir terbilang ideal.

Setiap makanan yang Anda konsumsi tentunya akan memberi pengaruh bagi bayi. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Pada dasarnya sayur dan buah kaya akan kandungan vitamin serta mineral yang dibutuhkan dalam setiap tahap perkembangan bayi.

Pada usia kehamilan ini Bunda akan mengalami kenaikan berat badan antara 3,6 kg hingga 6,3 kg. Peningkatan berat badan ini terbilang sebagai hal yang wajar dan normal. Pada tahap ini juga Bunda akan meraskan gerakan-gerakan bayi yang semakin kuat.

Seiring dengan berat badan yang semakin bertambah, Bunda juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti selulit. Namun tidak perlu khawatir karena akan setelah melahirkan akan kembali normal.

Salah satu jenis nutrisi yang harus Anda perhatikan di usia kehamilan 21 minggu yaitu vitamin A. Nutrisi yang satu ini diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda  dan juga perkembangan si kecil. Manfaat vitamin A yaitu uyntuk pertumbuhan sel, penglihatan dan produksi sel-sel darah merah.

Vitamin A ada dua bentuk yaitu beta karoten dan retinol. Nah, kedua nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan organ tubuh dan jaringan. Vitamin A dalam bentuk retinol bisa diperoleh dari mentega, margarine, susu dan telur.

Sedangkan untuk retinol terdapat dalam hati ayam dan sapi. Namun kandungan vitamin A pada makanan ini terlalu tinggi. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan berbahan dasar hati hanya sedikit saja dan jangan terlalu banyak.

Retinol dan betakaroten bisa juga ditemukan dalam sayuran berwarna terang seperti ubi jalar, wortel, brokoli dan buah-buahan seperti pepaya, jeruk serta semangka. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517