Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh merupakan kewajiban setiap umat muslim di dunia. Dalam menjalankan ibadah puasa tentunya kita dilarang untuk makan dan minum pada siang hari kurang lebih 10-12 jam dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama kurun waktu tersebut tentunya tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan juga cairan tubuh berkurang sehingga hal ini berdampak pada kebugaran tubuh. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa kebugaran tubuh sangat penting untuk dijaga supaya bisa beraktivitas dengan baik dan bisa lebih produktif. Lalu apa solusinya? Pada kesempatan ini penulis akan memberikan ulasan sekilas tentang tips olahraga saat puasa untuk menjaga kebugaran tubuh.

Menjaga kebugaran tubuh memang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang guna menjaga kesehatan. Tubuh yang bugar tentunya bisa digunakan untuk melakukan banyak aktivitas termasuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Dalam upaya untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan Puasa, maka sebaiknya diterapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

Selama menjalankan ibadah puasa janganlah bermalas-malasan dan jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak produktif. Perlu diingat bahwa puasa merupakan kewajiban setiap umat muslim dan harus dijalankan dengan baik dan benar. Nah, supaya tubuh tetap bugar selama puasa maka lakukanlah olahraga secara rutin dan berikut ini tips olahraga saat puasa untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa!

Inilah Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Selalu Dalam Keadaan Bugar

  1. Perhatikan Waktu Berolahraga

Untuk melakukan olahraga pada bulan puasa maka sebaiknya kita bisa menempatkan latihan tersebut secara tepat. Jika olahraga dilakukan pada waktu yang tepat maka hal ini akan sangat berguna untuk kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa. Lakukan olahraga pada pagi hari setelah melakukan shalat subuh. Hal ini karena tubuh masih bersemangat dan cadangan energy masih full. Jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya yang bersifat ringan saja seperti jogging atau bersepeda.

Disamping itu, olahraga ringan juga bisa dilakukan menjelang buka puasa sehingga kehilangan energy pada waktu olahraga bisa langsung terganti ketika berbuka puasa. Jangan sesekali melakukan olahraga luar ruangan ketika sinar matahari sedang terik karena berpotensi dehidrasi. Bagi Anda penyuka olahraga berat bisa dilakukan setelah shalat tarawih dengan intensitas atau durasi waktu yang tidak berlebihan.

  1. Perhatikan Durasi dan Intensitas Olahraga

Melakukan olahraga pada waktu puasa sebaiknya jangan berlebihan. Perhatikan intensitas dan durasi olahraga sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan berlebihan. Intensitas olahraga yang disarankan pada waktu puasa yaitu olahraga ringan dengan durasi sekitar 30 menit saja. Sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali saja salam seminggu guna menjaga kebugaran tubuh. Pada waktu berpuasa tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat.

  1. Asupan Nutrisi Ketika Sahur dan Berbuka Itu Penting

Perhatikan juga asupan nutrisi pada waktu sahur dan berbuka dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Ini adalah salah satu cara guna menjaga keseimbangan nutrisi tubuh dan menjaganya agar tetap bugar. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah dan sayuran. Penuhi juga kebutuhan protein dan vitamin.

  1. Kebutuhan Cairan Tubuh

Tidak minum selama kurang lebih 12 jam sangat berpotensi terhadap dehidrasi, terlebih lagi jika melakukan aktivitas olahraga. Oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup pada waktu sahur dan berbuka puasa. Hindari konsumsi minuman berkafein seperti minuman soda, teh, kopi dan sejenisnya.

  1. Peka Tehadap Kondisi Tubuh

Jika tiba-tiba tubuh terasa lelah, lemas, gemetaran dan terasa pusing maka sebaiknya segera hentikan aktivitas olahraga. Jangan memaksakan tubuh untuk beraktivitas. Lakukan olahraga dengan bijak agar tubuh tetap bugar bukan untuk melemahkan. Sebaiknya kita bisa peka dan memahami kondisi tubuh sehingga tidak akan menyebabkan hal-hal yang berdampak negatif.

Itulah sekilas tentang tips olahraga saat puasa guna menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga secara teratur dan jangan berlebihan. Jangan memaksakan jika memang kondisi tubuh tidak memungkinkan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan dan tubuh tetap bugar!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517