Tips Olahraga Ibu Hamil Muda

Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Salah satunya yaitu asupan makanan bergizi. Pada kehamilan tahap awal, asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi sangat penting sebab pada periode tersebut berlangsung proses pembentukan organ vital janin seperti ginjal, paru-paru, hati, jantung dan tulang. Namun, selain asupan nutrisi, penting juga melakukan olahraga ibu hamil muda sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh.

Tahap awal kehamilan biasanya sangat identik dengan keluhan atau gejala morning sickness seperti mual, pusing dan bahkan muntah. Akan tetapi meskipun demikian, ibu hamil sebaiknya jangan bermalas-malasan dan berdiam diri saja. Perhatikan kondisi tubuh dengan senantiasa menjaga kebugaran. Salah satu caranya yaitu dengan berolahraga.

Perubahan hormone diawal kehamilan cenderung membuat ibu hamil mudah merasa lelah. Banyak aktivitas yang mungkin terbengkalai dengan kondisi tersebut. Bahkan untuk sekedar merapihkan rumah saja ibu hamil biasanya merasa cape. Nah, untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh diawal kehamilan, berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan!

Senam Kegel

Salah satu kegiatan olahraga diawal kehamilan yang bisa Anda lakukan yaitu senam kegel. Latihan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menjaga berat badan ideal, mengatasi rasa nyeri akibat perubahan fisik memasuki awal kehamilan dan bermanfaat untuk persalinan jika sudah tiba waktunya. Cobalah untuk menerapkan latihan ini secara rutin diawal kehamilan.

Streching

Stretching bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya resiko kehamilan dan mencegah terjadinya iritasi pada kehamilan. Streching ini sangat efektif dilakukan pada kehamilan tahap awal dan bisa dikombinasikan dengan jenis olahraga yang lainnya.

Senam Pilates

Sama halnya dengan senam kegel, pilates memiliki manfaat untuk menguatkan otot-otot dan mengatasi rasa nyeri. Bagi Anda yang belum pernah melakukan olahraga ini sebaiknya minta bimbingan dari instruktur senam.

Yoga

Olahraga yang satu ini sudah tidak asing lagi dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan terutama ibu hamil. Teknik relaksasi yoga bermanfaat untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. Selain itu, jika dilakukan diawal kehamilan maka berguna untuk memberikan ketenangan pada ibu hamil sehingga terhindar dari stres akibat gejala/perubahan awal kehamilan.

Aerobik Ringan

Latihan selanjutnya yaitu aerobik. Manfaat olahraga yang satu ini sangat banyak diantaranya yaitu untuk meningkatkan kadar oksigen, menyehatkan jantung dan mencegah adanya ambeien. Namun sebelum Anda melakukan latihan yang satu ini, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Berenang

Olahraga kyang satu ini dikategorikan sebagai jenis olahraga terbaik untuk ibu hamil. Manfaatnya yaitu untuk mengatasi tekanan pada bagian punggung. Selain itu, olahraga ini akan mencegah kram dan kelelahan. Dalam melakukan olahraga ini Anda harus membatasinya supaya tidak terlalu lama dan perhatikan kebersihan dari kolam renang. Hindari berenang di kolam renang umum.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517