Tips Mudah Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Memiliki bayi dan  menjadi ibu baru tentunya menjadi sebuah tantangan khusus bagi Anda. Dalam hal ini Anda dituntut untuk memberikan perawatan terbaik guna menunjang kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Pemberian air susu ibu (ASI) merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk si kecil.

Memberikan ASI secara ekslusif akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi dan mencegah terjadinya gangguan selama proses tersebut. Namun terkadang dalam pemberian ASI, Anda akan dihadapkan dengan berbagai kendala seperti saluran ASI tersumbat.

ASI tersumbat biasanya akan menyebabkan si kecil cenderung lebih rewel  dan selalu lapar. Hal ini karena kuantitas ASI yang diperoleh hanya sedikit sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi. Saluran ASI tersumbat biasanya terjadi pada minggu-minggu awal setelah proses persalinan.

Penyebab saluran ASI tersumbat salah satunya yaitu akibat tidak terjadi pengosongan secara sempurna. Kondisi tersebut diakibatkan oleh faktor psikis dan fisik ibu menyusui. Selain itu, penyumbatan ASI terjadi akibat penggunaan bra yang tidak tepat dan asupan nutrisi kurang.

Bagi Anda yang mengalami gangguan ini selama menyusui maka bisa mengenali tanda-tanda tersebut diantaranya yaitu terjadi pembengkakan pada payudara, terasa sakit dan memerah. Keluhan ini sebaiknya segera ditangani karena bisa menyebabkan terjadinya radang payudara atau mastitis.

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi ASI Tersumbat

  1. Salah satu cara mengatasi ASI tersumbat yaitu dengan memberikan ASI dari payudara tersebut ketika si kecil dalam keadaan lapar. Hal ini karena ketika lapar si kecil akan memiliki daya hisap lebih kuat sehingga akan membantu mengatasi penyumbatan tersebut.
  2. Jangan hentikan pemberian ASI ketika payudara Anda terasa sakit. Tetap berikan ASI pada payudara yang tersumbat dan lakukan sedikit tekanan supaya air susu bisa mengalir dengan baik.
  3. Hindari penggunaan kbra yang terlalu ketat karena bisa memperparah kondisi tersebut. Lepaskan bra untuk beberapa saat sehingga aliran darah di sekitar payudara kembali normal dan lancar.
  4. Kompres dengan air hangat pada bagian payudara yang terkena sumbatan. Gunakan botol yang di isi air hangat kemudian tekankan secara lembut pada payudara Anda.
  5. Mencukupi waktu istirahat merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengatsi terjadinya sumbatan ASI.
  6. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Sebab jika ASI berkurang maka akan menghambat proses tumbuh kembang bayi.

Selain dengan beberapa cara diatas, Anda juga bisa melakukan teknik pijatan payudara untuk memperlancar sirkulasi darah dan saluran ASI. Jika kondisi semakin parah dan tidak kunjung membaik, segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan menyepelekan kondisi tersebut karena bisa berdampak terhadap kesehatan Anda dan juga bayi.

Related Posts

Share This