Tips Mudah Memilih Mainan Anak Laki-laki

Hai bunda! Si kecil mungkin mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap mainan anak, namun ketika bunda akan membelikan mainan untuknya, apakah bunda mengalami kesulitan dalam memilih mainan yang cocok untuk si kecil? Mungkin hal ini kerap dialami oleh banyak bunda di dunia ini, dan ketika memilih mainan anak, bunda harus benar-benar teliti sebelum bunda membelikannya.

Perlu diketahui, bahwa mainan memang tidak bisa dilepaskan dengan anak-anak. Masa anak-anak merupakan masa dimana si kecil sangat erat kaitannya dengan dunia beramin, sehingga memilih mainan anak laki-laki sangat membantu dalam mengembangkan berbagai macam potensi yang dimilikinya. Bukan hanya itu, mainan juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, memiliki mainan anak yang tepat bukan hanya akan membuat si kecil merasa senang, namun juga sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan potensi diri yang dimilikinya.

Umumnya anak laki-laki sangat menyukai jenis mainan anak laki yang memiliki sifat maskulin. Oleh karena itu, sejumlah mainan mobil-mobilan atau bahkan pistol-pistolan sangat disukai oleh anak laki-laki, karena hal ini mampu mengeksplor maskulinitasnya. Karakter jagoan, gagah serta keperkasaan merupakan salah satu simbol dari sifat maskulinitas yang secara murni ada di dalam diri anak laki-laki.

Sama halnya dengan mainan jenis robot-robotan, mainan jenis ini juga sangat khas dengan anak laki-laki, bahkan sangat banyak disukai oleh si kecil. Biasanya jenis robot-robotan ini dibuat berdasarkan tokoh-tokoh superhero yang banyak digemari oleh si kecil, dan mereka mengenal tokoh-tokoh ini dari tayangan televisi. Dan mainan robot yang cukup populer di kalangan anak laki-laki yaitu robot poer ranger atau bahkan robot transformer.

AKan tetapi, walaupun jenis mainan anak laki-laki memiliki jenis yang beraneka ragam, namun bunda juga sangat dituntut untuk lebih selektif dalam memilih mainan anak. Mengapa? Agar mainan yang bunda pilih untuk si kecil memiliki kegunaan serta mampu memberikan manfaat dalam merangsang tumbuh kembang si kecil, dan sebaiknya bunda memilih jenis mainan anak laki-laki yang memang bisa di bongkar pasar guna menumbuhkan kreatifitas anak. Walaupun harga jualnya cukup mahal, namun jenis mainan ini mampu merangsang otak si kecil untuk lebih kreatif lagi dalam proses menyusunnya.

Sedangkan untuk jenis mainan yang memiliki sifat digital seperti play station atau bahkan permainan game, sebaiknya bunda membatasinya untuk diberikan kepada si kecil. Banyak diantaranya ahli pendidikan ataupun ahli psikolog yang mengungkapkan rasa kekhawatirannya jika si kecil terlalu lama bermain game atau bahkan bermain PS, karena hal ini mampu mengurangi sikap serta sifat toleransi ataupun sikap solideritas sosial yang dimilikinya.

Memang benar, mainan anak yang bersifat teknologi saat ini marak beredar di mana-mana, namun mainan jenis ini dicap sebagai mainan atau produk yang kurang pro sosial. Permainan ini nantinya bisa mengurang anak dalam jangka waktu yang cukup lama untuk menyendiri, bahkan bisa terjauhkan dari pergaulan sosial. Oleh karena itu, salah satu jenis mainan anak laki yang satu ini nantinya akan menghambat tumbuh kembang si kecil, maka dari itu orangtualah yang harus mengatur jenis mainan apa yang cocok untuk si kecil.

Related Posts

Share This