Tips Merawat Gusi Bayi

Merawat bayi. Kebersihan dan kesehatan bayi menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang tumbuh kembangnya. Kesehatan si kecil tidak boleh diabaikan sebab sistem kekebalan tubuhnya masih sangat lemah sehingga rentan terkena infeksi penyakit.

Pada kesempatan ini penulis sepintas akan mengulas tentang cara merawat dan menjaga kebersihan gusi bayi. Ketika pertama kali tumbuh gigi, Anda harus memberikan perhatian terhadap kebersihan gigi dan gusi bayi. Gusi termasuk bagian mukosa mulut yang merupakan tempat untuk menempelnya gigi.

Merawat gusi menjadi perhatian penting sebab kesehatan gusi akan menunjang pertumbuhan gigi pada bayi. Gusi yang sehat cenderung akan terlihat berwarna merah muda dan permukaannya tidak rata yaitu terdapat bintik-bintik. Disamping itu, gusi tidak terjadi pembengkakan dan tidak pernah berdarah.

Nah, lalu bagaimana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gusi bayi? Hal ini mengingat si kecil belum memungkinkan untuk menyikat gigi seperti orang dewasa. Anda tidak perlu bingung, berikut ini ada beberapa tips untuk merawat gusi bayi, simak penjelasannya!

Beberapa Tips Ampuh Untuk Menjaga Kebersihan Gusi Bayi

  • Bersihkan gusi bayi dengan kain halus

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gusi bayi yaitu rutin membersihkan menggunakan kain lembut. Perawatan ini terbilang sederhana dan sangat mudah untuk Anda lakukan. Biasakan untuk menyeka gusi bayi sesaat setelah menyusu untuk menghilangkan sisa-sisa ASI yang menempel.

Cara untuk menyeka gusi bayi terbilang sangat mudah, Anda bisa menggunakan kain lembut yang dibasahi air hangat, lalu balutkan pada jari. Lakukan kegiatan tersebut setelah si kecil makan dan sebelum beranjak untuk tidur.

  • Hindari penambahan gula pada susu

Jika si kecil sudah mendapatkan asupan susu formula, sebaiknya Anda tidak menambahkan gula kedalam susu formula. Hal ini karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan gusi bayi. Disamping itu, penambahan gula bisa berakibat terhadap gangguan kesehatan yang lain yaitu bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

  • Jangan memberikan susu botol sambil tidur

Terkadang banyak orangtua yang mempunyai kebiasaan dalam memberikan susu botol sebelum bayi tidur hingga pada akhirnya tertidur. Nah, kebiasaan tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan sebab bisa berdampak buruk terhadap kesehatan gusi dan gigi bayi. Gula dari susu formula pada dasarnya akan mengendap sehingga pada akhirnya mengakibatkan kerusakan pada gigi dan gusi bayi.

  • Kenalkan MPASI secara bertahap

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi bayi sebaiknya Anda memperkenalkan makanan pendamping ASI secara bertahap sesuai dengan usia si kecil. Perkenalkan makanan yang bertekstur secara bertahap untuk menstimulus pertumbuhan gigi. Disamping itu, biasakan untuk membersihkan gigi dan gusi si kecil sesaat setelah makan.

Related Posts

Share This