Tips Menyusui Pasca Operasi Caesar

Menyusui merupakan salah satu kewajiban wanita setelah melahirkan. Secara tidak langsung menyusui merupakan cara untuk memberikan asupan makanan yang dibutuhkan oleh bayi dalam menunjang tumbuh kembangnya. Lalu bagaimana proses menyusui pada wanita pasca operasi caesar?

Operasi caesar dilakukan karena berbagai hal, baik itu gangguan kesehatan ataupun pilihan dari Anda sendiri. Operasi caesar biasanya membutuhkan waktu untuk proses pemulihan. Operasi caesar tentunya akan menguras banyak energi sehingga kelelahan tidak mungkin terhindarkan. Untuk menyusui bayi baru lahir setelah melakukan operasi caesar tentunya bukan perkara yang mudah dan Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Bayi yang terlahir caesar pada umumnya akan terlihat lemah dan kemampuannya untuk menghisap ASI masih susah. Dalam hal ini Anda dan si kecil membutuhkan waktu untuk proses pemulihan. Namun meskipun demikian, ASI harus tetap diberikan pada bayi sejak awal sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, ASI pertama merupakan sumber energi dan nutrisi yang baik bagi bayi.

ASI sebaiknya diberikan pada bayi sejak awal kelahiran untuk membantu uterus berkontraski ke bentuk awalnya dengan proses yang cepat. Disamping itu, proses menyusui akan membantu pemulihan pasca operasi caesar. Biasanya dokter akan melakukan tindakan untuk memberikan ASI pada bayi ketika Anda masih berada di ruangan operasi.

Untuk memberikan ASI pertama sesaat setelah dilakukan operasi caeasar, Anda bisa mendapatkan bantuan dari tim medis maupun meminta bantuan dari suami dalam mengatur posisi yang tepat. Usahakan posisi yang nyaman ketika menyusui sehingga si kecil akan mendapatkan ASI dengan maksimal.

Jika tidak terdapat masalah atau kelainan pada bayi Anda, maka setelah operasi caesar Anda bisa langsung memberiakn ASI dan dekapan hangat untuk si kecil. Operasi caesar yang diakibatkan adanya kelainan biasanya mengharuskan bayi untuk dirawat diruangan khusus. Namun jika masih dalam keadaan normal, hal tersebut tidak perlu untuk dilakukan dan Anda masih tetap bisa memberikan ASI secara langsung pada bayi.

Tips Agar Bisa Menyusui Setelah Operasi Caesar

  1. Mintalah bantuan dari tim medis untuk menyusui dengan posisi yang tepat sehingga tidak akan mengganggu luka bekas operasi caesar. Salah satu posisi yang aman yaitu posisi tubuh miring dan mengempit yaitu diantara lengan dan badan.
  2. Apabila menggunakan posisi duduk, maka gunakan kursi yang berlengan dan memiliki sandaran dengan posisi tegak. Gunakan juga bantal untuk memudahkan bayi dalam mencapai payudara Anda. Dengan demikian bekas luka operasi akan senantiasa aman.
  3. Usahakan supaya suami ikut berperan serta dalam melihat medis memperagakan posisi yang aman untuk menyusui. Nah, maka dengan begitu selepas keluar dari rumah sakit, suami bisa membantu Anda di rumah untuk mendapatkan posisi menyusui yang sesuai.

Pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk menunjang proses tersebut, konsumsilah makanan bergizi dan rutin berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, hindari aktivitas yang bisa menyebabkan terganggunya proses pemulihan dari operasi tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517