Tips Menyiapkan Sarapan Sehat Untuk Anak

Sarapan pagi sangat penting untuk kesehatan dan tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sarapan sehat menjadi penunjang untuk menjalani aktivitas disiang hari. Bahkan pakar kesehatan menganjurkan untuk sarapan sebelum jam 9 pagi. Namun terkadang anak-anak tidak berselera untuk menyantap makanan di pagi hari. Maka dari itu Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan menu sarapan untuk si kecil.

Bagi sebagian orang, menyiapkan sarapan pagi untuk anak terkadang sering terkendala oleh banyak hal, baik itu dari segi waktu ataupun minimnya bahan yang akan diolah. Sehingga banyak yang lebih memilih untuk membeli sarapan karena dianggap lebih praktis. Secara tidak sadar kebiasaan tersebut bisa berdampak terhadap kesehatan si kecil.

Menu sarapan yang sehat untuk anak hendaknya mengandung gizi seimbang yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi untuk proses tumbuh kembangnya. Pada dasarnya menu untuk sarapan harus mengacu pada pola menu seimbang. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips untuk menyiapkan sarapan yang sehat untuk anak. Berikut tipsnya!

  • Dalam menyiapkan menu sarapan sehat anak, sebaiknya Anda berpedoman pada pola menu simbang yang memperhatikan kandungan gizi lengkap seperti vitamin, kalsium, serat, karbohidrat, protein, lemak dan mineral.
  • Pilihlah menu sarapan yang mudah untuk diolah dan disajikan. Hal ini berkaitan dengan waktu untuk menyiapkan sarapan pagi yang terbatas.
  • Supaya tidak menyita banyak waktu pada pagi hari, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan pada sore hari. Hal ini untuk mengoptimalkan dalam proses penyajian.
  • Pilihlah satu menu namun menunjang kelengkapan nutrisi seperti sandwich ikan tuna ataupun nasi goreng campur sayuran.
  • Buatlah menu sarapan yang bervariasi supaya si kecil tidak mudah bosan.
  • Hindari penggunaan bumbu yang memiliki citarasa tajam seperti cabe karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada anak.
  • Jadwalkan waktu sarapan dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya.

Nah, bagi Anda yang kebingungan dalam membuat sajian untuk sarapan anak. Berikut ini ada beberapa saran yang bisa Anda coba!

Omellete

Salah satu menu sarapan untuk anak yaitu omellete. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mencapur sayuran dengan telur kemudian di goreng. Omellete merupakan salah satu sajian sehat untuk anak karena mengandung vitamin, protein dan nutrisi penting lainnya.

Sereal gandum

Gandum mengandung karbohidrat kompleks yang berguna sebagai sumber energi bagi anak. Sereal gandum bisa Anda kombinasikan dengan susu. Manfaatnya tidak perlu di ragukan lagi karena mengandung protein, kalsium, vitamin dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk tumbuh kembangn anak.

Roti gandum

Sarapan praktis namun bergizi salah satunya yaitu roti gandum dan segelas susu. Manfaatnya sebagai sumber energi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil.

Nasi merah dan telur rebus

Nasi merah sangat efektif sebagai menu sarapan anak karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Manfaatnya yaitu untuk menjaga stamina si kecil. Selain itu kandungan nutrisi dari telur seperti protein ataupun kolin berguna dalam menyiapkan energi si kecil menghadapi aktivitas harian.

Buah-buahan

Tambahkan buah-buahan dalam menu sarapan si kecil untuk melengkapi kebutuan nutrisi dalam menunjang tumbuh kembangnya. Pilihlah buah-buahan yang tidak terlalu asam seperti apel, pisang ataupun pir.

Related Posts

Share This