Tips Menyiapkan Bekal Anak Sekolah

Memasuki usia sekolah, ada beberapa hal yang harus Bunda persiapkan untuk si kecil. Mulai dari persiapan seragam sekolah dan segala perlengkapannya. Selain itu, penting juga bagi Bunda untuk menyiapkan bekal anak sekolah guna menunjang asupan nutrisinya setiap hari ditengah-tengah kesibukan belajarnya. Asupan nutrisi memang sangat penting untuk perkembangan si kecil. Jangan sampai si kecil kekurangan asupan makanan yang bergizi sebab hal ini bisa berdampak negatif terhadap tumbuh kembanganya terutama perkembangan otaknya.

Membiasakan memberikan bekal untuk anak adalah salah satu hal yang terbilang sangat sehat. Dengan membawakan bekal dari rumah maka asupan gizi dan higienitas makanan akan lebih terjamin. Mulailah kebiasaan memberikan bekal ini sejak anak pertama kali masuk sekolah. Hal ini bertujuan supaya si kecil tidak memiliki kebiasaan jajan sembarangan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan akibat jajanan yang tidak higienis.

Berikut Ini Tips Untuk Menyiapkan Bekal Anak Sekolah

  1. Kreatif

Memberikan bekal makanan yang sehat sangat berguna untuk kesehatan anak. Makanan yang sehat senantiasa akan memberikan nutrisi bagi si kecil sehingga lebih fokus dan aktif dalam menjalani aktivitas hariannya. Supaya si kecil menyukai bekal yang Anda bawakan, maka sebaiknya sajikan makanan tersebut dengan kreatif. Salah satunya yaitu dengan membentuk makanan menjadi sebuah ornament yang lucu sehingga si kecil penasaran untuk mencicipinya.

Kreasikan dengan karakter kartun atau hewan sehingga terlihat tidak membosankan dan meningkatkan selera si kecil. Selain itu, berikan menu yang bervariasi setiap harinya. Hal ini untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan anak terhadap menu makanan yang Anda sajikan setiap hari.

  1. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Bekal untuk si kecil sebaiknya mengandung nutrisi yang bervariasi dalam bentuk makanan yang beragam. Hal ini untuk membantu melengkapi asupan nutrisi selama tahap tumbuh kembang si kecil dan juga mendukung aktivitas si kecil. Pada tahapan usia sekolah, si kecil sedang aktif-aktifnya sehingga membutuhkan banyak asupan zat gizi.

  • Sumber karbohidrat. Bekal si kecil tentunya harus mengandung karbohidrat sebagai sumber energy yang menunjang semua aktivitasnya. Karbohidrat bisa diperoleh dari roti, kentang, nasi, pasta atau olahan gandum.
  • Jangan lupa untuk menyajikan menu makanan yang mengandung sayur. Penting sekali membiasakan konsumsi sayur untuk si kecil. Jika si kecil kurang menyukai sayuran maka sebaiknya kreasikan dan sisipkan dalam jenis makanan lainnya. Contohnya dengan membuat bola-bola daging yang disisipkan sayuran.
  • Sumber protein. Berikan menu makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacang, telur, daging, dan daging ayam.
  • Bawakan juga minuman sehat berupa susu atau olahan susu yaitu yoghurt. Pastikan susu untuk si kecil merupakan susu yang sudah di pasteurisasi atau UHT.
  • Buah-buahan. Sertakan juga buah segar bisa dalam bentuk utuh atau yang sudah dipotong.
  • Air putih. Jangan lupa untuk membawakan air putih sebagai minuman sehat bagi si kecil.
  1. Siapkan Pada Malam Hari

Jika Anda tergolong seorang yang sibuk di pagi hari, sebaiknya buat perencanaan bekal si kecil sejak malam hari. Dengan begitu maka pada pagi hari Anda tinggal menyajikannya saja tanpa kebingungan akan menyajikan menu apa untuk si kecil.

  1. Jaga Kebersihan

Ketika proses menyajikan bekal untuk si kecil, perhatikan kebersihan bahan dan cara penyajiannya. Bisakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Cuci juga bahan-bahan mentah sebelum diolah untuk menhindarkan kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan si kecil.

Asupan makanan yang sehat dan bergizi tentunya akan mendukung proses belajar si kecil. Jika asupan nutrisi tercukupi maka si kecil akan memiliki fokus yang bagus dalam belajar. Jangan lupa untuk membiasakan si kecil sarapan pagi sebelum ke sekolah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517