Tips Menjelaskan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Anak Perempuan

Proses terjadinya menstruasi merupakan momen penting bagi seorang wanita. Menstruasi merupakan salah satu ciri bahwa sistem reproduksi dalam keadaan sehat atau subur. Pada awal terjadinya proses tersebut mungkin sebagian anak gadis akan merasa kebingungan. Terlebih lagi jika sebelumnya tidak dibekali dengan pengetahuan seputar menstruasi. Oleh karena itu, diperlukan peran penting dari orangtua untuk memberikan penjelasan mengenai hal tersebut ketika usia anak sudah mendekati masa menstruasi.

Pentingnya memberikan penjelasan mengenai menstruasi sebagai upaya supaya si anak lebih siap untuk menghadapi proses tersebut dan mengerti cara untuk menyikapinya. Apapun reaksi yang ditunjukan anak dalam menyikapi periode penting tersebut memegang arti yang sama untum setiap anak perempuan.

Baca Juga: mengenali masa subur

Berikut Ini Tips Untuk Menjelaskan Proses Menstruasi Pada Anak

  1. Kodrat Seorang Wanita

Langkah pertama yang harus Anda jelaskan pada anak mengenai menstruasi yaitu berkaitan dengan kodrat sebagai wanita. Hal ini akan membuat anak lebih mengerti untuk menghadapi periode tersebut sehingga bukan menjadi hal yang akan membuatnya kaget. Biasanya proses menstruasi terjadi pada anak gadis memasuki usia 12 atau 13 tahun. Bahkan ada yang mengalami proses tersebut lebih cepat sebelum menginjak usia tersebut. Kondisi ini tentunya berkaitan erat dengan pengaruh hormone.

Jangan menunggu hingga anak mengalami proses menstruasi baru memberikan penjelasan. Tindakan tersebut tentunya kurang tepat. Jauh-jauh sebelum anak mengalami menstruasi sebaiknya segera berikan penjelasan. Hal ini juga tentunya harus dibekali dengan pengetahuan yang luas sehingga ketika anak banyak bertanya, maka Anda bisa memberikan jawaban yang sekiranya lebih dimengerti.

  1. Persiapkan Periode Pertama Menghadapi Menstruasi

Anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa si anak akan mendekati proses menstruasi, baik itu secara fisik ataupun perubahan psikis. Salah satu perubahan fisik yang bisa Anda amati yaitu adanya perubahan pada payudara. Disamping itu, rambut kemaluan si anak mulai tumbuh dan hal ini bisa Anda tanyakan langsung pada si anak. Mengenali tanda-tanda tersebut termasuk upaya dalam memberikan pengertian pada anak bahwa proses menstruasi semakin dekat.

  1. Jelaskan Mengenai Gejala-gejala PMS
Baca Juga:  Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Yang Perlu Anda Ketahui

Penjelasan mengenai gejala menstruasi juga sangat penting supaya anak tidak merasa asing dan kaget ketika mengalami kondisi tersebut. Anda juga sebaiknya memberikan tips bagi anak dalam upaya mengatasi gejala PMS yang akan dialaminya. Selain itu, berikan juga penjelasan mengenai penggunaan dan pemilihan pembalut yang bagus pada anak.

Nah itulah sekilas tips bagi Anda dalam memberikan penjelasan pada anak gadis menghadapi periode menstruasi pertama kali. Peran seorang ibu dalam memberikan penjelasan pada anak meang sangatlah penting. Hal ini dimaksudkan supaya si anak lebih siap dan mengerti dengan gejala serta perubahan yang akan terjadi pada dirinya seiring bertambahnya usia.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517