Tips Menjaga Metabolisme Tubuh Agar Tetap Sehat Di Usia 40-an

Metabolisme tubuh merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga. Hal ini karena jika metabolisme tubuh terganggu maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa metabolisme tubuh akan melambat seiring dengan bertambahnya usia. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan kesehatan seseorang mengalami penurunan ketika usia semakin tua. Namun ternyata ada cara untuk menjaga kesehatan metabolisme supaya tetap sehat di usia 40-an.

Metabolisme yang melambat adalah salah satu kondisi bahwa tubuh membutuhkan waktu lebih lama luntuk memproses kalori untuk menjadi energi. Biasanya dampak negatif akibat metabolisme melambat adalah tubuh menjadi gemuk dan bahkan bisa berisiko kelebihan berat badan tak terkendali. Selain itu, banyak sekali gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan metabolisme tubuh yang melambat. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut Beberapa Tips Untuk Menjaga Metabolisme Tubuh

  1. Konsumsi Camilan dan Makanan Utama yang Mengandung Protein Tinggi

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Jenis makanan yang mengandung protein tinggi salah satunya yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, daging ayam dan kacang polong. Makanan yang mengandung protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein sangat berperan dalam membantu proses metabolisme.

  1. Sayuran dengan Tekstur Renyah

Konsumsilah sayuran seperti brokoli, kailan dan jenis sayuran lainnya yang bertekstur renyah sehingga Anda tidak perlu mengunyah terlalu lama. Sayuran dengan batang yang keras dan kandungan seratnya tinggi akan membutuhkan banyak energi dalam mencernanya. Nah, hal ini sangat berguna untuk meningkatkan proses pembakaran lemak atau kalori yaitu sekitar 10%.

  1. Minum Green Tea

Green tea memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh karena mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan catechins yang merupakan antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 80 kalori lebih banyak setiap hakrinya.  Minumlah green tea secara rutin dan teratur setiap harinya.

  1. Bergerak Teratur Setelah Duduk

Bagi Anda yang bekerja seharian didepan komputer sebaiknya menyempatkan untuk berdiri dan bergerak di sela-sela kesibukan. Sempatkan bergerak setiap satu jam sekali setelah duduk. Cara ini dinilai sangat efektif untuk membantu proses pembakaran lemak didalam tubuh. Hal ini tentunya akan menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

  1. Push Up Sebelum Makan

Sebelum Anda makan atau ngemil sebaiknya biasakan untuk push up sebanyak 20 kali. Latihan ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan sistem metabolisme sehingga prosesnya tidak terganggu.

Menjaga kesehatan metabolisme tubuh pada usia 40-an bukanlah hal yang sulit jika kita memahami caranya. Tidak perlu repot-repot untuk melakukan terapi atau mengkonsumsi obat-obatan. Anda bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh dengan cara yang lebih sederhana yaitu menerapkan pola makan sehat, pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan.

Disamping itu, biasakan untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya. Minimal 2 liter setiap hari secara rutin. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka secara tidak langsung hal ini akan mendukung proses metabolisme berjalan dengan lancar.

Kesehatan metabolisme tubuh memang penting untuk diperhatikan. Pasalnya metabolism akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika terganggu maka akan mempengaruhi kesehatan yang lainnya. Semoga bermanfaa!

Related Posts

Share This