Tips Menjaga Kesehatan: Waspada Kelebihan Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Tips menjaga kesehatan. Makanan yang mengandung serat memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan berserat memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Asupan serat yang cukup akan mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan berserat maka akan mencegah kelebihan berat badan atau obesitas.

Mengingat pentingnya asupan serat bagi tubuh, banyak anjuran untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang satu ini. Makanan berserat bisa diperoleh dari jenis sayuran dan buah-buahan. Namun Tahukah Anda ternyata serat juga bisa membahayakan kesehatan jika terlalu berlebihan. Lalu apa saja bahaya kelebihan serat bagi tubuh?

Inilah Bahaya Kelebihan Serat Bagi Tubuh

Gangguan Pada Usus

Salah satu bahaya kelebihan serat yaitu bisa menyebabkan gangguan pada usus dan hal ini terbilang sangat parah. Pada dasarnya serat bisa mengeluarkan reaksi terhdap bakteri baik yang ada pada usus. Nah, jika reaksi tersebut terjadi secara berlebihan maka bisa menyebabkan perut kembung.

Bahkan lebih parahnya lagi jika asupan serat secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pada usus sehingga akan menghambat proses pencernaan makanan. Maka dari itu, asupan serat harus seimbang, jangan terlalu banyak ataupun sedikit.

Dehidrasi

Bahaya kelebihan serat yang selanjutnya yaitu bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini terjadi akibat asupan serat yang tidak disertai dengan minum air putih. Perlu Anda ketahui bahwa serat bisa menyerap air putih sehingga Anda harus mengimbangi asupan serat dengan minum air putih. Dengan begitu maka akan terhindar dari resiko dehidrasi dan memperoleh manfaat dari serat untuk kesehatan.

Sembelit

Kekurangan serat bisa menyebabkan sembelit. Nah, begitupun jika asupan serat berlebihan maka rentan juga mengalami sembelit. Mengapa demikian? Hal ini karena serat akan menyerap air sehingga saluran cerna menjadi kering dan BAB terhambat. Seimbangkan konsumsi makanan berserat dengan minum air putih secukupnya.

Malabsorbsi

Secara umum vitamin dan mineral akan diserap oleh tubuh. Akan tetapi jika kita mengkonsumsi serat secara berlebihan maka berpotensi terhadap resiko malabsorbsi. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terhambat akibat terlalu banyak serat. Sistem pencernaan akan terganggu dengan banyaknya serat yang masuk kedalam tubuh.

Kram Perut

Akibat kelebihan serat yang selanjutnya yaitu kram perut. Asupan serat yang berlebih akan mengganggu otot-otot usus sehingga terjadi kontraksi. Hal ini hampir mirip dengan gejala PMS pada wanita. Kondisi ini tentunya akan membuat tidak nyaman sehingga perlu dicegah dengan memperhatikan asupan serat secara seimbang.

Diare

Tidak hanya menyebabkan sembelit, asupan serat berlebih juga bisa mengakibatkan diare. Mengapa demikian? Hal ini karena serat yang melewati saluran pencernaan akan memaksa untuk mencerna makanan lebih cepat dari yang seharusnya.

Demikian beberapa bahaya akibat kelebihan serat bagi tubuh. Seimbangkan asupan serat sehingga Anda bisa memperoleh manfaatnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517