Tips Menjaga Kesehatan Tulang Bayi

Kesehatan tulang merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga dengan baik. Hal ini karena tulang merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting dalam struktur tubuh. Terlebih lagi pada bayi dan anak-anak, tulang yang sehat memegang peranan penting untuk menunjang pertumbuhan fisik anak.

Adanya kelainan pada tulang bisa menjadi salah satu faktor penghambat dalam pertumbuhan anak. Maka dari itu kesehatan tulang si kecil harus senantiasa dijaga dengan baik sebagai upaya untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang si kecil. Faktor asupan makanan yang bergizi menjadi salah satu penentu kesehatan tulang. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium dan vitamin D memegang peranan penting untuk kesehatan tulang.

Sebenarnya untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat bisa dilakukan mulai dari dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi atau tepatnya mengandung kalsium. Nah, dalam upaya menjaga kesehatan tulang setelah si kecil lahir maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Olahraga Bayi

Tak hanya bagi orang dewasa, olahraga juga baik untuk kesehatan bayi. Bahkan jika olahraga diterapkan pada bayi sesuai porsinya dan teratur maka akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang bayi. Olahraga ringan sangat berguna untuk memperkuat tulang-tulang bayi yang mungil.

Jika si kecil sudah mulai beranjak  dan memasuki usia 1 tahun maka Anda bisa mengajak si kecil bergerak aktif seperti melatih berjalan. Gerakan-gerakan ringan ini sangat berguna untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

  1. Menggendong dan Mendudukan Bayi Dengan Posisi Yang Benar

Dalam menggendong dan mendudukan bayi hendaknya dilakukan dengan posisi yang benar. Hal ini karena hal tersebut sangat berarti dan akan memberikan pengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Posisi menggendong dan mendudukan bayi akan mempengaruhi kesehatan serta kekuatan tulangnya. Oleh karena itu jangan asal menggendong bayi karena salah posisi bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.

  1. Ritual Menjemur Bayi

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang tidak bisa diperoleh dari sumber makanan. Nah, untuk memperkuat tulang bayi maka Anda bisa menjemur bayi secara rutin setiap pagi tepatnya sekitar pukul tujuh atau depalan. Lakukan selama 10 menit untuk membuat tulang si kecil sehat dan kuat.

Demikian tips dan cara yang bisa Anda lakukan dalam upaya untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bayi. Disamping itu, perhatikan juga asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D serat mineral penting lainnya yag berguna untuk menunjang kesehatan tulang si kecil. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This