Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Supaya Tidak Gampang Sakit

Ketika kondisi kesehatan si kecil terganggu, tentunya akan membuat orangtua merasa panik dan khawatir. Anak-anak biasanya rentan terkena demam, diare, pilek ataupun batuk. Penyakit tersebut memang wajar terjadi pada anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sempurna seperti orang dewasa. Namun meskipun demikian, hal tersebut tidak boleh di sepelekan dan dibiarkan karena bisa mengganggu perkembangan si kecil.

Anak-anak biasanya sangat rentan terkena penyakit ketika terjadi pergantian musim. Salah satunya yaitu pada waktu musim hujan si kecil rentan terkena flu ataupun demam. Selain faktor cuaca, kondisi lingkungan yang tidak sehat dan banyaknya polusi menjadi penyebab si kecil mudah sakit. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus waspada dengan perubahan musim sehingga senantiasa menjaga kesehatan si kecil. Supaya si kecil tidak gampang sakit sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat bagi si kecil.

Lakukan Beberapa Hal Berikut Supaya Si Kecil Tidak Gampang Sakit

  • Senantiasa menjaga kebersihan si kecil

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak supaya tidak gampang sakit yaitu dengan senantiasa menjaga kebersihan. Peran Anda sebagai orangtua dalam hal ini sangat dibutuhkan supaya si kecil terbebas dari infeksi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Anda bisa mengajarkan kebersihan pada si kecil secara bertahap, dimulai dari menjaga kebersihan tangan dengan membiasakan cuci tangan. Selain itu, ajarkan juga untuk menjaga kebersihan pakaian, kebersihan kuku dan makanan yang dikonsumsi. Dengan mengajarkan kebiasaan baik ini akan meminimalisir penyebaran kuman dan senantiasa menjaga kesehatan si kecil untuk menunjang perkembangannya.

  • Cukupi waktu istirahat

Untuk menunjang kesehatan dan stamina si kecil sebaiknya Anda mengontrol waktu istirahatnya. Istirahat yang cukup akan membantu mengembalikan stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Biasakan supaya anak beristirahat pada siang hari setelah sekolah dan jangan membiarkan anak tidur terlalu malam.

  • Perhatikan kebutuhan gizi

Makanan adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam menunjang kesehatan anak. Untuk menjaga kesehatan si kecil sebaiknya Anda senantiasa menyajikan makanan yang beragam dan bergizi. Salah satunya yaitu dengan memberikan sayur dan buah kuntuk si kecil. Kandungan vitamin yang terkandung di dalam makanan tersebut sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga mencegah berbagai zat asing yang bisa membahayakan kesehatannya.

  • Kebutuhan cairan untuk tubuh

Selain makanan yang bergizi, Anda juga harus melengkapi kebutuhan cairan untuk tubuh si kecil. Tidak dipungkiri bahwa cairan adalah salah satu komponen yang berperan penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Dalam hal ini cairan berguna untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses metabolisme tubuh. Kekurangan asupan cairan akan mengakibatkan dehidrasi sehingga membuat tubuh rentan terkena serangan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan untuk si kecil setiap hari dengan memberikan air mineral atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

  • Berikan madu untuk si kecil

Apabila anak Anda sudah berusia diatas 2 tahun maka pemberian madu bisa menjadi salah satu solusi dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Seperti yang kita ketahui bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu keunggulan madu yaitu memiliki kandungan anti-virus yang bermanfaat dalam mencegah berbagai macam penyakit. Berikan beberapa sendok madu setiap harinya untuk menjaga kesehatan si kecil.

Nah, itulah tips yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan si kecil supaya tidak gampang sakit. Kondisi tubuh yang sehat akan menunjang perkembangan dan pertumbuhan si kecil, baik itu dari segi fisik ataupun psikologis. Selain beberapa hal diatas, Anda juga bisa menjaga kebugaran tubuh si kecil dengan mengajaknya untuk berolahraga secara rutin.

Related Posts

Share This