Tips Menjaga Kesehatan Payudara Dengan Konsumsi Makanan Ini

Menjaga kesehatan payudara memang mutlak harus dilakukan oleh setiap wanita. Payudara merupakan salah satu anggota tubuh pada wanita yang rentan terkena penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Penyakit ganas dan mematikan memang sering terjadi pada payudara seperti kanker payudara atau tumor. Munculnya penyakit tersebut tidak lain akibat dari gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat.

Pola makan dan kebiasaan sehari-hari mempengaruhi kesehatan payudara. Konsumsi makanan yang tidak sehat bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit pada payudara seperti kanker. Disamping itu, cara berpakaian juga ikut mempengaruhi kesehatan payudara sehingga tidak boleh sembarangan. Nah, untuk menjaga kesehatan payudara sebaiknya Anda memperhatikan pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat berikut ini.

Jenis Makanan Untuk Kesehatan Payudara

  1. Kacang Kedelai

Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan payudara yaitu kacang kedelai. Didalam kacang kedelai terkandung genistein dan juga daidzein. Kedua senyawa ini bisa menurunkan risiko kanker payudara fibroskitik dengan sangat ampuh. Selain itu, menurut hasil stidi menunjukan bahwa kedelai bisa meringankan efek samping dari menopause seperti penyakit jantung dan osteoporosis. Dengan konsumsi kacang kedelai akan mencegah terjadinya kekambuhan tumor.

  1. Bluberi

Bluberi terbukti bisa membantu menurunkan perkembangan sel kanker atau tumor pada payudara. Jika rutin mengkonsumsi bluberi setiap hari maka sangat bermanfaat guna mencegah kanker payudara. Kandungan antioksidan tinggi pada bluberi menjadikan buah yang satu ini masuk kategori buah terbaik untuk mencegah kanker payudara.

  1. Ekstrak Gandum

Esktrak gandum terbukti bisa meredakan gejala PMS seperti nyeri payudara. Dengan mengkonsumsi ekstrak biji gandum maka bisa menurunkan kelelahan, sakit kepala, nafsu makan meningkat, mengatasi masalah tidur dan juga mengatasi jantung berdebar.

  1. Labu

Labu memang terkenal dengan kandungan betakaroten yang merupakan pigmen pemberi warna oranye pada sayur atau buah. Nah, betakaroten tersebut berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah terjadinya benjolan dan kanker pada payudara. Mengkonsumsi labu secara teratur sangat baik untuk kesehatan payudara.

  1. Teh Sage

Kandungan antioksidan pada minuman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan payudara. Antioksidan akan melawan zat-zat asing berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan payudara termasuk kanker payudara. Minumlah secara rutin dan teratur sebagai minuman sehat untuk payudara.

Nah, demikian beberapa jenis makanan untuk kesehatan payudara. Guna menjaga kesehatan payudara, sebaiknya hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan konsumi junkfood, minuman beralkohol, minuman bersoda, makanan tinggi lemak dan lain sebagainya. Mulailah menarapkan pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga, konsumsi makanan bergizi dan periksa payudara secara rutin untuk mendeteksi kelainan sejak dini.

Kanker payudara adalah salah satu silent killer yang bisa mengancam semua wanita di segala usia. Pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari keganasan kanker tersebut. Mulai dari sekarang dengan gaya hidup sehat dan jangan menyepelekan kesehatan payudara. Pentingnya kesadaran untuk hidup sehat memang harus ditanamkan dalam diri setiap orang. Sebab mencegah lebih baik daripada menangani.

Gangguan masalah kesehatan pada payudara bisa sangat fatal akibatnya. Sudah banyak kasus yang terjadi akibat penyakit pada payudara yang berujung kematian. Oleh karena itu, waspada dan hati-hati adalah salah satu cara yang harus selalu diterapkan untuk menjaga kesehatan. Kebiasaan sehat saat ini akan sangat menentukan kesehatan kita di masa mendatang. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat. Salam sehat!

Related Posts

Share This